Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk InstaStories

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk InstaStories – Instagram stories adalah salah satu fitur yang dimiliki Instagram yang sangat menarik baru-baru ini. Instagram Stories atau yang biasa disingkat menjadi Instastory ini adalah fitur di mana post dari pengguna Instagram menampilkan foto atau video yang akan menghilang setelah 24 jam. Fitur ini menjadi sangat popular karena semakin banyak pengguna Instagram yang membuat Instastoriesnya menarik.

Meskipun Instagram sudah menyediakan filter lokal dan animasi yang terdapat pada Instagram Story, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mempercantik Instastories kamu. Ada banyak aplikasi foto gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat Instastoriesmu semakin menarik. Mau tau apa saja ? Yuk simak di bawah ini !

1. PicsArt
PicsArt merupakan program desain/ edit foto yang memiliki filter dan bisa digunakan untuk dekorasi sebuah foto/ gambar. Di dalam aplikasi ini juga terdapat kamera, alat untuk mengedit gambar, memberi efek, dan juga mengatur pencahayaan foto. Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan game online seperti perusahaan bandar bola untuk mengedit dan mendesain foto game online yang hendak di promosikan.

2. Snapseed
Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal. Aplikasi ini memiliki seluruh fitur basic editing dan filter. Dalam aplikasinya, kita bisa menggunakan fitur crop, selektif, pengaturan cahaya, rotasi, dan lain sebagainya. Salah satu fitur unggulan Snapseed adalah Expand, yang hampir serupa dengan fitur Content Aware Fill pada Adobe Photoshop.

3. VSCO
Aplikasi terkenal lain yang tersedia untuk pengguna smartphone adalah VSCO. VSCO ini terkenal memiliki ratusan filter dalam aplikasinya. Filter-filter ini juga bisa kita atur lagi pencahayaannya. Para pengguna Instagram banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat feed Instagram mereka menjadi senada atau memiliki tone yang sama. Namun, belakangan ini VSCO juga digunakan untuk mengedit foto untuk Instastory.

4. Unfold
Aplikasi edit Instastory ini memiliki beberapa fitur gratis dan berbayar. Aplikasi ini menyuguhkan fitur template kolase dan bingkai di dalamnya. Dari mulai template minimalis, elegan, sampai dengan popart, disediakan oleh Unfold untuk membuat Instastory yang unik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk foto dan video yang sama-sama memiliki template khusus di dalamnya.

5. Canva
Canva merupakan jenis aplikasi edit yang hampir sama dengan Unfold. Bedanya adalah fitur-fitur yang ada di dalamnya. Untuk Canva sendiri, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit maupun mendesain dengan hasil edit/ desainnya yang memiliki resolusi yang cukup tinggi dibanding Unfold. Aplikasi ini juga memiliki layout dan stok gambar yang dapat kamu gunakan untuk memperindah foto pada Instastory kamu.

6. StoryArt
StoryArt, dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwa ini adalah aplikasi edit untuk Instastory. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi edit khusus Instastory yang memiliki rating yang tinggi. Selain memiliki banyak sekali layout template, aplikasi ini menyediakan fitur efek desain yang bisa kita gunakan. Seperti font yang bervariasi, filter, tema, dan sebagainya.

Backend Terbaik Sebagai Layanan Untuk Aplikasi React Anda
Aplikasi Artikel Blog Informasi Software

Backend Terbaik Sebagai Layanan Untuk Aplikasi React Anda

Backend Terbaik Sebagai Layanan Untuk Aplikasi React Anda – Jika Anda membuat aplikasi sendiri atau dengan anggaran terbatas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan backend-as-a-service (BaaS). Melakukannya memungkinkan Anda untuk fokus pada frontend aplikasi Anda, tetapi masih memiliki aplikasi full-stack dengan database, autentikasi, dan lainnya.

Backend Terbaik Sebagai Layanan Untuk Aplikasi React Anda

freeprogrammingresources – Dalam panduan ini, kami akan membahas tiga opsi terbaik bagi Anda sebagai pengembang React untuk meluncurkan aplikasi Anda dengan cepat menggunakan backend-as-a-service, sambil menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Supabase

Selama bertahun-tahun, Firebase telah mendominasi ruang backend-as-a-service. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Supabase telah muncul sebagai alternatif yang bagus. Manfaat utama Supabase adalah open-source. Singkatnya, Supabase memungkinkan Anda mengambil kode dan menerapkannya di mana pun Anda suka. Anda dapat membangun aplikasi Anda, menerapkannya ke server Supabase, atau Anda dapat menerapkannya ke layanan hosting Anda sendiri nanti.

Baca Juga : Apa Itu Jamstack? Tutorial Untuk Pemula

Manfaat besar dari ini adalah membantu Anda menghindari vendor lock-in. Masalah penguncian vendor muncul jika Anda mengalami situasi di mana ingin bermigrasi dari layanan yang Anda gunakan. Misalnya, jika harga layanan menjadi terlalu tinggi atau Anda memiliki masalah mendasar dalam menggunakan layanan tersebut. Masalahnya adalah Anda “terkunci” dan mungkin sangat sulit untuk pergi ke tempat lain.

Seperti yang akan Anda lihat dengan dua opsi lain dalam daftar ini (Firebase dan AWS Amplify), keduanya memiliki tingkat penguncian vendor tertentu. Singkatnya, tidak mudah untuk bermigrasi dari mereka. Supabase, di sisi lain, memberi Anda fleksibilitas untuk menghosting proyek Anda di tempat yang Anda suka tanpa proses migrasi yang sulit. Supabase memberi Anda database Postgres dan kompatibel dengan hampir semua framework React termasuk banyak library JavaScript non-React lainnya.

Untuk mulai menggunakan Supabase dengan aplikasi React Anda, Anda akan menginstal paket npm supabase-js. Untuk benar-benar memulai proyek Supabase Anda sendiri dan membuat database Anda, Anda akan masuk ke Supabase.com. Tingkat gratis akan memberi Anda semua fitur utama yang Anda butuhkan, termasuk database gratis, serta autentikasi bawaan.

Otentikasi Supabase mencakup banyak penyedia sosial utama seperti Google dan Facebook. Mereka juga menawarkan penyimpanan internal yang memungkinkan Anda menyimpan semua jenis file. Fitur ini akan sangat penting jika aplikasi Anda menampilkan unggahan video atau gambar. Supabase juga mendukung data waktu nyata melalui WebSockets, fitur yang juga ditawarkan oleh Firebase dan AWS Amplify.

Supabase menawarkan fungsi tepi, yang memungkinkan Anda menulis kode khusus yang berinteraksi dengan database Anda. Fungsi tepi ini mungkin berguna jika Anda ingin menulis beberapa logika khusus yang tidak didukung oleh paket npm Supabase atau jika Anda ingin melakukan sesuatu di server, seperti mengirim email.

Satu area di mana Supabase memiliki keunggulan dibandingkan Firebase adalah fitur pencarian teks lengkapnya. Jika Anda ingin menyediakan fungsionalitas pencarian ke aplikasi Anda berdasarkan apa yang disimpan dalam database Anda, ini adalah sesuatu yang tidak disediakan oleh database Cloud Firestore Firebase.

Paket gratis Supabase dapat membawa Anda jauh, tetapi jika Anda ingin cadangan basis data, ditambah kemampuan untuk menyimpan data tambahan, basis data, atau penyimpanan di luar batas gratis, Anda harus meningkatkan ke Paket Pro mereka (yaitu $25 per bulan per proyek). Tidak seperti Firebase dan AWS, ada lonjakan harga yang besar jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih dari yang disediakan oleh batas gratis. Dengan demikian, tingkat pro Supabase sangat murah hati. Saat Anda siap untuk meluncurkan aplikasi Anda ke seluruh dunia, itu akan menyediakan hampir semua yang Anda butuhkan dari backend hanya dengan $25 sebulan.

Firebase

Firebase tidak dapat dikalahkan dalam hal umur panjangnya dan apa yang ditawarkannya. Firebase telah ada selama 10 tahun saat ini dan menawarkan produk terbanyak dari semua solusi backend. Ini adalah layanan all-in-one yang sangat canggih, dengan penyimpanan database NoSQL sendiri, autentikasi dengan setiap jenis penyedia sosial yang dapat dibayangkan, bersama dengan beberapa fitur yang tidak dimiliki Supabase, seperti Crash Analytics, wawasan kinerja, pengujian A/B, pemberitahuan push dan banyak lagi.

Jika Anda benar-benar menginginkan opsi terlengkap, Anda harus mempertimbangkan Firebase dengan serius. Firebase juga mudah disiapkan. Anda dapat membuat akun banyak proyek gratis di situs web Firebase. Untuk membuat database atau penyimpanan khusus hanya membutuhkan satu klik tombol. Firebase juga tak tertandingi dalam menyediakan dasbor yang sangat nyaman untuk berinteraksi dengan semua produk individual Anda, seperti database Anda.

Semua manfaat Firebase ini bisa menjadi potensi kerugian. Firebase benar-benar menawarkan begitu banyak hal sehingga agak membingungkan untuk mengetahui apa yang harus Anda gunakan dan apa yang tidak boleh Anda bangun dan jalankan. Rekomendasi saya untuk aplikasi React Anda adalah pertama-tama gunakan database Cloud FireStore, otentikasi dan penyimpanan, dan tambahkan layanan fungsi Firebase jika Anda perlu menyediakan logika khusus di server Anda. Hanya dengan begitu Anda perlu melihat opsi mereka yang lain.

Tidak seperti Supabase, tetapi mirip dengan AWS Amplify, Firebase menyertakan hosting bawaan. Tidak perlu mencari layanan hosting atau solusi khusus lainnya di tempat lain. Kelemahan sebenarnya dari Firebase, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, adalah penguncian vendor mereka. Setelah Anda membuat aplikasi dengan Firebase, mungkin cukup sulit untuk bermigrasi ke platform lain. Dengan demikian, banyak perusahaan telah membangun seluruh mata pencaharian mereka di Firebase.

Biaya penggunaan Firebase sedikit lebih menantang untuk dihitung. Untungnya, Firebase menyediakan kalkulator praktis yang akan memberi Anda ide yang jauh lebih baik, berdasarkan penggunaan sumber daya aplikasi Anda. Paket mereka murah hati untuk pengguna gratis dan Anda dapat mulai menggunakan hampir semua layanan secara gratis. Anda hanya perlu mulai membayar setelah Anda melampaui batas tersebut.

Firebase adalah yang paling dekat dengan layanan all-in-one untuk berfungsi sebagai backend aplikasi Anda. Jika Anda berniat membangun aplikasi dengan cepat, dengan waktu yang dihabiskan untuk memilih dan mengelola layanan sesedikit mungkin, Anda tidak akan salah dengan Firebase.

AWS Amplify

Pesaing terakhir adalah AWS amplify, yang sering diabaikan, tetapi seharusnya tidak. AWS terkadang terkenal sulit dinavigasi, tetapi AWS Amplify dibuat sebagai pengecualian untuk aturan ini. AWS Amplify tidak hanya menyediakan database, penyimpanan, dan pengalaman waktu nyata yang mengesankan untuk pengembang JavaScript, tetapi juga dilengkapi dengan pustaka komponen, Amplify UI.

Misalnya, daripada harus membuat komponen autentikasi Anda sendiri, Amplify UI menyediakannya sendiri untuk Anda di luar kotak. Singkatnya, AWS Amplify memberi Anda hampir semua alat Firebase, beserta komponen premium siap pakai yang sudah terintegrasi dengan backend AWS Anda.

Satu manfaat tambahan menggunakan AWS Amplify dibandingkan Firebase dan Supabase adalah kemungkinan besar akan menjadi yang paling murah secara keseluruhan. Harga AWS adalah salah satu yang terendah dalam hal bisnis infrastruktur. Dalam banyak kasus, AWS akan memberi Anda kredit startup jika Anda menggunakan AWS untuk pertama kali. Jika demikian, biaya aplikasi Anda mungkin hampir tidak ada.

Peringatan besar untuk menggunakan AWS Amplify adalah bergantung pada GraphQL. Jika Anda tidak terbiasa dengan GraphQL, ini mungkin menjadi masalah bagi Anda. Itu memang memiliki alternatif REST API. Opsi REST, bagaimanapun, hampir tidak berfitur dan tidak memberikan bonus yang sama, seperti data waktu nyata dengan langganan.

Kelemahan lain menggunakan AWS amplify adalah Anda dapat menulis penyelesai khusus untuk berinteraksi dengan database Anda dan layanan AWS lainnya, tetapi tidak ditulis dalam JavaScript. Sebagai gantinya, konsol Amplify menggunakan apa yang dikenal sebagai “Bahasa Templat Kecepatan Apache” atau VTL. Ketahuilah bahwa menulis kode server khusus bisa jadi cukup sulit jika Anda perlu menulis logika bisnis khusus.

AWS Amplify memiliki penawaran layanan terintegrasi yang sangat besar dan memungkinkan Anda memanfaatkan begitu banyak produk AWS, seperti DynamoDB, S3, dan ElasticSearch. Itu telah dibangun untuk mendukung setiap kebutuhan pengembang yang mungkin Anda miliki. Sejauh ini memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti transkripsi audio-ke-teks dan integrasi realitas yang diperluas (XR).

Amplify pasti patut dicoba jika Anda mencari layanan paling hemat biaya yang tidak mengorbankan fitur apa pun yang dimiliki Firebase. Memperkuat juga merupakan pilihan yang baik jika Anda merasa nyaman dengan GraphQL dan mengetahui ekosistem AWS dengan baik.

Terima kasih sudah membaca!

Mudah-mudahan sekarang Anda telah diperlengkapi dengan baik untuk memilih backend terbaik sebagai alat layanan untuk proyek React Anda.

Apa Itu Jamstack? Tutorial Untuk Pemula
Artikel Blog Informasi Program

Apa Itu Jamstack? Tutorial Untuk Pemula

Apa Itu Jamstack? Tutorial Untuk Pemula – Anda mungkin pernah mendengar istilah kata Jamstack dan bertanya-tanya apakah artinya itu. Nah, Jamstack tidak lebih dari cara kata modern untuk membangun sebuah aplikasi web.

Apa Itu Jamstack? Tutorial Untuk Pemula

freeprogrammingresources – Jamstack memanfaatkan teknologi yang ada yang akan kita bahas sebentar lagi. Hasilnya adalah kinerja yang lebih baik, keamanan yang lebih baik, dan skalabilitas yang lebih mudah untuk aplikasi web. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa arti Jamstack dan manfaat menggunakan pendekatan ini dalam proyek Anda.

Apa itu Jamstack?

Jamstack adalah arsitektur pengembangan web. Matt Biilmann, CEO Netlify, mempopulerkannya dengan presentasinya di Smashing Conference 2016. Jamstack adalah akronim untuk Javascript, API, dan Markup, dan merupakan tumpukan teknologi yang Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Ini seperti tumpukan MERN (MongoDB, ExpressJS, ReactJS dan NodeJS) dan tumpukan MEAN (MongoDB, ExpressJS, Angular dan NodeJS) hanya dengan alat yang berbeda.

Baca Juga : Haruskah Anda Secara Khusus Menghabiskan Waktu Belajar Bahasa Pemrograman Java?

Sekarang mari kita bahas berbagai komponen aplikasi web Jamstack:

Javascript

Javascript adalah bahasa pemrograman inti dari web. Sudah ada selama beberapa dekade dan Anda dapat menggunakannya di sisi klien dan backend dengan NodeJS. Javascript adalah bahasa pemrograman yang Anda gunakan untuk menangani sisi klien dari aplikasi Jamstack Anda.

APIs

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Ini adalah antarmuka yang membantu dua atau lebih program komputer berkomunikasi satu sama lain. Di aplikasi Jamstack, Anda menggunakan API untuk berkomunikasi dengan backend Anda.

Markup

Markup mengacu pada sistem pengkodean teks standar yang terdiri dari sekumpulan simbol yang dimasukkan ke dalam dokumen teks. Contoh bahasa markup adalah HTML, XML, dan bahasa template seperti JSX. Di Jamstack, markup mengacu pada konten aplikasi Jamstack. Perhatikan bahwa kami menggunakan markup di sini dalam arti yang lebih luas. Itu tidak hanya mengacu pada konten teks tetapi juga aset aplikasi web, seperti gambar.

Fitur Penting Aplikasi Jamstack

Untuk mempertimbangkan aplikasi sebagai aplikasi Jamstack, itu harus memenuhi ketentuan berikut:

Arsitektur Terdistribusi

Ini mengacu pada pemisahan sisi klien dari backend. Sisi klien menangani presentasi antarmuka pengguna, dan backend menangani logika dan data bisnis. Komunikasi antara frontend dan backend terjadi melalui API khusus. Ini berarti bahwa perubahan atau peningkatan pada salah satu tidak akan mempengaruhi yang lain. Ini menghasilkan pemeliharaan yang lebih mudah dari seluruh aplikasi web.

Situs Statis

Penting bagi aplikasi Jamstack untuk menyajikan halaman web statis dan bukan halaman web dinamis. Aplikasi web tradisional adalah situs dinamis. Ini berarti saat Anda meminta halaman, backend harus menjangkau database untuk mengambil data. Data tersebut kemudian digunakan untuk menghasilkan file HTML, dan kemudian dikirim kembali ke klien.

Kerugian dari situs dinamis adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan langkah-langkah ini. Untuk situs statis, halaman sudah dirender sebelumnya pada waktu pembuatan. Jadi setiap kali Anda meminta halaman, Anda mendapatkan halaman yang telah dirender sebelumnya.

Ini menghilangkan waktu yang dihabiskan situs dinamis untuk mendapatkan data, membuat file HTML, dan mengirimkannya kembali ke klien. Anda dapat melayani situs statis Anda dari jaringan pengiriman konten (CDN). Ini akan mengarah pada peningkatan kecepatan dan pengurangan biaya.

Contoh generator situs statis yang dapat Anda gunakan untuk aplikasi web Jamstack meliputi:

  • NextJS
  • Gatsby
  • Hugo
  • Jekyll
  • Nuxt

Mengapa Anda Harus Menggunakan Jamstack untuk Aplikasi Web Anda?

Sekarang mari kita bahas beberapa alasan mengapa arsitektur web Jamstack menjadi sangat populer akhir-akhir ini dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk mengadopsinya:

Aplikasi Jamstack Dapat Diskalakan

Anda dapat melayani sebagian besar aplikasi Jamstack dari CDN. Ini memungkinkan transfer cepat aset yang diperlukan untuk memuat halaman web. Sebagai hasil dari sifat terdistribusi CDN, aplikasi web Anda juga akan dapat menangani lebih banyak lalu lintas dengan biaya lebih rendah.

Aplikasi Jamstack Mudah Digunakan

Aplikasi Jamstack lebih mudah digunakan karena sisi kliennya dipisahkan dari backendnya. Ini berarti Anda dapat mempertahankan satu bagian tanpa memerlukan modifikasi besar pada bagian lainnya.

Aplikasi Jamstack Memuat Lebih Cepat

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, menyajikan situs Anda dari CDN meningkatkan kecepatan pemuatannya. Selain itu, dalam aplikasi Jamstack, halaman web dibuat sebelumnya, menghemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk mengambil dan membuat file HTML setiap kali Anda mengajukan permintaan.

Aplikasi Jamstack Lebih Murah

Karena aplikasi Jamstack lebih mudah dipelihara dan diterapkan, aplikasi ini lebih murah dibandingkan aplikasi tradisional.

Aplikasi Jamstack Lebih Aman

Karena Anda tidak harus terus-menerus memelihara server dalam aplikasi Jamstack dan halaman dibuat pada file hanya-baca (yaitu, halaman bersifat statis), Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan aplikasi Anda.

Kesimpulan

Terlepas dari kenyataan bahwa semakin banyak proyek yang dibangun menggunakan arsitektur Jamstack, kami masih dalam tahap adopsi yang relatif awal. Saya percaya bahwa lebih banyak bisnis besar dan kecil akan mengadopsinya dalam waktu dekat menggantikan arsitektur monolitik yang mahal.

Haruskah Anda Secara Khusus Menghabiskan Waktu Belajar Bahasa Pemrograman Java?
Program

Haruskah Anda Secara Khusus Menghabiskan Waktu Belajar Bahasa Pemrograman Java?

Haruskah Anda Secara Khusus Menghabiskan Waktu Belajar Bahasa Pemrograman Java? – Java memiliki sejarah panjang yang terbukti, dan telah banyak berkembang sejak diperkenalkan. Para pengembang terus meningkatkan bahasa pemrograman ini. Tidak diragukan lagi ini adalah favorit banyak perusahaan dan pengembang. Berikut adalah beberapa pekerjaan Java yang diposting di Memang.

Haruskah Anda Secara Khusus Menghabiskan Waktu Belajar Bahasa Pemrograman Java?

Ada banyak pekerjaan untuk pengembang Java. Namun, keputusan untuk mempelajari bahasa pemrograman baru tidak sepenuhnya bergantung pada jumlah lowongan pekerjaan atau popularitas bahasa pemrograman tersebut. Itu tergantung pada tujuan Anda, fleksibilitasnya, dan potensinya di bidang IT yang ingin Anda ikuti.

Dengan demikian, mempelajari bahasa pemrograman Java tidak akan merugikan Anda. Jika Anda ingin mempelajari Java, Anda dapat mengikuti kursus Pelatihan Sertifikasi Java. Kursus pelatihan sertifikasi akan memberi Anda cetak biru tentang bagaimana melanjutkan belajar bahasa pemrograman Java dan bagaimana memilih bidang yang sesuai dengan tingkat pengetahuan yang Anda miliki.

Memang pembelajaran seperti itu akan memperluas cakupan karir Anda. Setelah membaca artikel ini, Anda dapat membuat keputusan sendiri apakah bahasa pemrograman Java layak untuk menginvestasikan waktu Anda atau tidak.

Baca Juga : Pendidikan Pemrograman yang Baik Dimulai dengan Java 

Apakah Bahasa Pemrograman Java untuk saya?

Saya sering melihat programmer baru terjun ke bahasa pemrograman atau teknologi baru hanya karena populer. Namun, itu bukan pendekatan yang tepat. Pada akhirnya akan menyebabkan pemborosan waktu. Di bagian artikel ini, saya akan mengungkapkan relevansi Java di berbagai bidang TI untuk membantu Anda memutuskan apakah Java tepat untuk Anda atau tidak.

Java telah berhasil memasuki bidang Data Science

Ketika berbicara tentang ilmu data dan Big Data, Anda akan mendengar banyak tentang dua bahasa pemrograman, bahasa pemrograman R, dan Python. Bahasa pemrograman ini memiliki berbagai pustaka dan fitur untuk mendukung tugas Big data dan analisis data.

Pendapatan yang dihasilkan oleh Big Data, dan meningkat pesat setiap tahun. Meskipun Python dan R menguasai bidang Big Data, Java tidak jauh di belakang mereka. Java memiliki banyak library dan framework, seperti Rapid Miner, Weka, Java Data Mining Package, dan sebagainya untuk melakukan tugas analisis data.

Namun, Anda harus lebih fokus pada R dan Python jika tujuan utama Anda adalah membuat nama Anda di bidang Big Data. Jika Anda sudah mengetahui Python dan R, Anda dapat mempelajari Java untuk memperluas peluang Anda di bidang Big Data lebih jauh.

Java adalah pilihan yang sangat baik jika Anda ingin menjadi profesional IoT

Ada ruang lingkup besar untuk pengembang IoT. Permintaan untuk pengembang IoT meningkat dengan cepat. Berikut adalah grafik yang menunjukkan jumlah perangkat yang saling berhubungan di dunia saat ini dan prediksi masa depan.

Kita dapat melihat bahwa sudah ada lebih dari 23 miliar perangkat yang saling terhubung di dunia saat ini. Jumlah itu akan melampaui 75 miliar pada tahun 2025. Ini adalah norma baru untuk memiliki Alexa dan perangkat pintar lainnya saat ini. Perangkat ini memerlukan aplikasi untuk mengontrolnya.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman populer dalam hal pengembangan IoT. Nest termostat berbasis Java bersama dengan mesin penjual otomatis pintar lainnya dan produk yang dapat dikenakan. Bagi Anda yang ingin terjun ke pengembangan IoT, Java adalah pilihan yang baik. Ada juga bahasa pemrograman populer lainnya yang dapat Anda gunakan untuk pengembangan IoT, seperti C dan Python.

Aplikasi Perusahaan

Java adalah kesayangan perusahaan karena kinerja dan keamanannya. Java Enterprise Edition (Java EE) adalah platform terkemuka yang menawarkan API dan lingkungan runtime untuk menjalankan skrip dan mengoperasikan perangkat lunak perusahaan. Ini juga menyediakan konteks untuk layanan web dan aplikasi jaringan.

Bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan besar, Anda harus mempelajari Java. Ini akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Sebagian besar mesin perusahaan memiliki Java yang terinstal di dalamnya. Karena perdagangan frekuensi tinggi dan kinerja yang menakjubkan, para pengembang memilih Java untuk skrip Murex. Java juga merupakan jantung dari aplikasi perbankan yang signifikan.

Pendidikan Pemrograman yang Baik Dimulai dengan Java
Informasi

Pendidikan Pemrograman yang Baik Dimulai dengan Java

Pendidikan Pemrograman yang Baik Dimulai dengan Java – Dunia ini digital dan untuk menjadikannya sebagai tenaga kerja atau sebagai wirausahawan, Anda perlu memiliki pendidikan teknis. Saat ini, Java adalah bahasa pemrograman terpopuler kedua di dunia karena sangat berguna untuk pengembangan aplikasi , pengembangan web, dan seterusnya.

Pendidikan Pemrograman yang Baik Dimulai dengan Java

freeprogrammingresources – Jika Anda memiliki ide aplikasi yang jenius atau ingin membangun situs web untuk bisnis Anda, Anda perlu mengetahui Java dan Pelajari Pemrograman Java: Dari Bundel Pemula hingga Lanjutan dapat membantu. Dihargai $359, sekarang dijual hanya dengan $39.99.

Paket delapan kursus ini terdiri dari hampir 100 jam pelatihan dari Simpliv, salah satu platform pembelajaran online teratas di web. Di sini, Anda akan mempelajari konsep inti Java termasuk variabel, tipe data, operator, pernyataan kontrol, array, paket, debugging, dan banyak lagi. Anda akan mengetahui konsep Pemrograman Berorientasi Objek dan aplikasinya dengan cepat, dan mempelajari cara menulis kode Java profesional menggunakan praktik terbaik industri.

Baca Juga : Tutorial untuk Pemrogram Pemula, Menengah, dan Mahir

Kemudian, melalui kursus praktis, Anda akan membuat program hello world pertama Anda dan mulai mempelajari perbedaan antara Java SE dan Java EE. Anda akan memahami mesin virtual Java, lingkungan runtime Java, dan kit pengembangan Java dan mempelajari cara membangun aplikasi GUI dari awal dengan bantuan Java Swing.

Kemudian, Anda akan mempelajari proyek yang lebih spesifik. Anda akan belajar cara memprogram menggunakan JShell, cara menggunakan Spring Framework untuk mengembangkan aplikasi, cara melatih model prediksi Anda sendiri menggunakan Java untuk pembelajaran mesin, dan banyak lagi. Bahkan ada kursus yang didedikasikan untuk mempersiapkan Anda melakukan wawancara coding pada upaya pertama.

Untuk waktu yang terbatas, Anda bisa mendapatkan Paket Belajar Pemrograman Java: Dari Pemula hingga Lanjutan hanya dengan $39,99. Itu sepadan dengan harga memasuki masa depan.

Sebelumnya saya telah membagikan kursus online Java terbaik dan kursus Spring Framework terbaik , dan pada artikel ini, saya akan membagikan kursus online gratis favorit saya untuk belajar Java pada tahun 2022 dari Udemy, Coursera, Codecademy, dan Educative.

Internet penuh dengan sumber daya yang berguna. Tidak peduli apa yang ingin Anda pelajari, ada sesuatu yang berguna yang tersedia secara gratis. Anda hanya perlu mencurahkan waktu dan usaha Anda. Pada saat yang sama, sulit untuk memilih di lautan besar buku , situs web , dan kursus gratis di internet.

Jika Anda tidak hati-hati, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda menjelajahi dan mengubah kursus tanpa mempelajari apa pun. Di situlah daftar yang dikuratori membantu. Curation adalah hobi dan passion saya. Saya suka membaca buku dan kursus yang memungkinkan saya untuk mengumpulkan sumber daya yang berguna dan membaginya dengan kalian.

Hari ini saya akan membagikan 10 Kursus Pemrograman Java yang dapat digunakan pemula untuk belajar Java secara gratis.

Meskipun fokusnya adalah pada kursus Java tingkat pemula — karena pemula adalah yang paling membutuhkan bimbingan dan bantuan — saya telah mencoba juga memasukkan kursus gratis yang dapat sangat berguna untuk pengembang Java tingkat menengah dan berpengalaman seperti kursus Java Multithreading gratis ini e dari Udemy yang sangat bagus untuk pengembang Java pemula dan menengah.

Ini adalah beberapa keterampilan, alat, dan teknologi yang sangat penting bagi pengembang Java yang berpengalaman. Jika Anda tidak terbiasa dengan mereka, ini mungkin waktu yang tepat untuk mengambilnya untuk meningkatkan karir dan keterampilan Anda.

Btw, jika Anda dapat menghabiskan beberapa dolar untuk mempelajari keterampilan yang berguna dan dibutuhkan seperti bahasa Pemrograman Java dan mencari sumber daya yang komprehensif, maka saya sangat menyarankan Anda untuk melihat kursus Kelas Master Pemrograman Java Lengkap di Udemy.

Kursus Pemrograman Java Gratis untuk Pemula untuk Dipelajari pada tahun 2022

Tanpa membuang waktu Anda lagi, berikut adalah daftar kursus online terbaik saya untuk belajar Java secara GRATIS. Saya telah mencoba memasukkan berbagai jenis kursus seperti kursus gratis untuk mempelajari inti Java serta multithreading, pemrograman berorientasi objek, dll.

Saya juga mencoba memasukkan kursus langsung dan berbasis teori, serta kursus video, teks, dan interaktif sehingga Anda dapat berlatih online tanpa mengunduh dan menyiapkan Java, yang sangat bagus untuk pemula yang suka mulai sesegera mungkin tanpa hambatan.

Tutorial Java untuk Pemula Lengkap

Ini mungkin kursus Java gratis paling populer di Udemy, salah satu platform pembelajaran online terbaik dan favorit saya. Banyak orang tidak tahu bahwa Udemy juga memiliki kursus gratis, yang secara hukum gratis. Maksud saya dibuat gratis oleh instruktur dan pencipta mereka untuk tujuan pendidikan dan pemasaran.

Kursus ini mungkin memiliki keuntungan penggerak pertama karena lebih dari 1,2 juta orang telah bergabung dengan kursus ini untuk belajar Java yang merupakan rekor, tetapi pada saat yang sama, kualitas kursusnya cukup bagus.

Jika Anda seorang pemula dalam pemrograman atau mengetahui bahasa pemrograman tetapi juga ingin belajar Java, maka Anda dapat mendaftar di kursus ini. Ini GRATIS dan saya rasa selalu gratis di Udemy dan Anda harus bergabung dengan ini untuk belajar Java 2022.

Pemrograman Berorientasi Objek di Java

Ini adalah kursus Java gratis tingkat menengah dari Coursera, portal pembelajaran online pembelajaran lain yang menghadirkan kursus terbaik dari universitas dan organisasi top dunia seperti Google dan IBM.

Jika Anda memiliki pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak atau latar belakang ilmu komputer, Anda dapat mengikuti kursus gratis ini untuk mempelajari pemrograman berorientasi objek.

Ini sebenarnya adalah spesialisasi Coursera yang tidak lain adalah kombinasi kursus dan proyek dan menawarkan sertifikat setelah berhasil menyelesaikan kursus, penilaian, dan proyek.

Spesialisasi ini ditawarkan oleh Duke University dan lebih dari 66K pelajar telah bergabung dengan program ini untuk belajar Java. Ini memiliki empat kursus Java untuk mempelajari Pemrograman Berorientasi Objek dan Struktur Data di Jawa yang dapat Anda audit secara gratis tetapi Anda harus membayar jika Anda menginginkan sertifikat.

Setelah menyelesaikan spesialisasi ini, Anda harus dapat mengembangkan aplikasi berorientasi objek di Java, memanfaatkan kekuatan perpustakaan yang ada, cara membangun antarmuka pengguna grafis, dan cara menggunakan beberapa algoritme inti untuk mencari dan menyortir data.

Dan, bagian terbaiknya adalah ini berbasis proyek, jadi Anda akan mendapatkan latihan dan pengkodean langsung yang sangat dibutuhkan.

Omong-omong, jika Anda merasa kursus Coursera bermanfaat, yang karena dibuat oleh perusahaan dan universitas terkenal di seluruh dunia, saya sarankan Anda bergabung dengan Coursera Plus , paket berlangganan dari Coursera yang memberi Anda akses tak terbatas ke kursus paling populer mereka. , spesialisasi, sertifikat profesional , dan proyek terpandu.

Java Multithreading

Multithreading adalah bagian penting dari pemrograman Java dan mungkin satu-satunya fitur terpenting yang memisahkan pengembang Java yang baik dari pengembang Java rata-rata.

Ada permintaan tinggi untuk pengembang Java yang dapat menulis kode yang kuat dan bersamaan. Mereka juga mendapatkan gaji yang sangat tinggi.

Jika Anda benar-benar ingin unggul di dunia Java, multi-threading dan konkurensi adalah satu-satunya area yang perlu Anda taklukkan, maka kursus ini akan membantu Anda melakukannya tanpa biaya.

Tutorial untuk Pemrogram Pemula, Menengah, dan Mahir
Informasi Program

Tutorial untuk Pemrogram Pemula, Menengah, dan Mahir

Tutorial untuk Pemrogram Pemula, Menengah, dan Mahir – Jika Anda ingin menjadi pengembang, membuat aplikasi, atau mempelajari cara membuat kode, maka Java adalah bahasa pemrograman terbaik untuk digunakan.

Tutorial untuk Pemrogram Pemula, Menengah, dan Mahir

freeprogrammingresources – Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa tutorial Java terbaik untuk pemula serta programmer tingkat lanjut. Tutorial ini akan membantu Anda mempelajari dan melatih keterampilan pemrograman Anda di Java. Tapi pertama-tama, kami akan memberikan beberapa latar belakang di Java.

Sun Microsystems mengembangkan bahasa pemrograman Java pada Mei 1995. Ini diperkenalkan dengan bantuan Java Development Kit (JDK), yang berisi Java Runtime Environment (JRE). JRE berisi Java Virtual Machine (JVM) dan perangkat lunak seperti antarmuka program aplikasi Java (API) yang membantu pengembangan aplikasi Java. Versi pertama JDK adalah 1.0 dan rilis terbaru Java Standard Edition adalah Java SE 10. Pengembang telah menetapkan berbagai konfigurasi Java untuk memenuhi persyaratan berbagai platform seperti Java EE untuk Aplikasi Perusahaan dan Java ME untuk Aplikasi Seluler.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, lintas platform, kuat dan tangguh dengan dukungan untuk keamanan dan manajemen memori yang kuat. Ini juga menyediakan dukungan untuk fitur multithreading yang dengannya Anda dapat menulis kode yang dapat melakukan beberapa fungsi secara bersamaan. Sebagian besar pengembang memilih Java sebagai bahasa pemrograman saat membuat aplikasi atau mengerjakan proyek apa pun karena fitur-fiturnya yang luar biasa. Java banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, perangkat lunak, dan juga portal web.

Baca Juga : Panduan Google Webmaster Dengan Menggunakan yolasite

Kode sumber Java disimpan dengan ekstensi .java. Hal ini diperlukan untuk mengkompilasi program Java sebelum eksekusi. Seperti bahasa pemrograman lain seperti C++ dan C, Java juga memungkinkan Anda untuk menyimpan data dalam variabel.

Codecademy

Codecademy mungkin adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar Java online. Ini adalah perusahaan pendidikan, yang berfokus pada peningkatan pengalaman belajar online siswa. Ini menyediakan kursus bahasa pemrograman Java gratis untuk pemula dan programmer berpengalaman. Codecademy memberikan kesempatan untuk bekerja dan menerapkan pengetahuan dengan menawarkan berbagai proyek seperti membuat kalkulator dan aplikasi lainnya.

Anda perlu membuat akun di codecademy.com untuk mempelajari Java atau konsep lainnya. Selain Java, Anda juga dapat mempelajari bahasa pemrograman lain seperti Android dan Python.

Udemy

Udemy menawarkan tutorial Java dari tingkat pemula hingga ahli. Sekarang telah menjadi salah satu platform terbesar, yang menawarkan beberapa kursus online. Anda dapat mempelajari beberapa bahasa pemrograman seperti Java, C++, dan C.

Oleh karena itu, Udemy dianggap sebagai yang terbaik di antara platform lain untuk mempelajari bahasa pemrograman Java. Ini juga mengajarkan Anda cara mengatur lingkungan untuk pemrograman Java. Ini memberikan kuliah video gratis tentang cara memulai pemrograman dengan Java. Kuliah ini membantu siswa untuk belajar tentang konsep Java dengan cara yang lebih sederhana dan lebih mudah dibandingkan dengan tutorial lainnya.

Anda harus mendaftar di udemy.com untuk mendapatkan akses ke semua video kuliah gratis. Ada sekitar 58 tutorial Java dan kuliah pemrograman gratis yang tersedia di Udemy. Anda dapat memilih salah satu atau semuanya untuk dipelajari. Jika Anda ingin mempelajari lebih mendalam tentang Java, bayar $11 (sekitar) untuk menjadi anggota premium Udemy. Anggota premium memiliki akses ke sekitar 736 kelas. Kelas-kelas ini pasti akan membantu Anda dengan semua pertanyaan dan pertanyaan terkait Java.

Coursera

Jika Anda mencari beberapa tutorial terkenal untuk memulai coding dalam bahasa pemrograman Java, maka Coursera adalah tempat yang tepat untuk belajar. Anda dapat belajar tentang begitu banyak topik yang berbeda seperti ilmu data, bahasa pemrograman, dan banyak lainnya. Ini menyediakan kelas video untuk pemrograman Java dalam berbagai bahasa. Video tersedia dalam bahasa seperti Inggris, Spanyol, Rusia, Cina, dan Prancis.

Selain itu, ini juga menyediakan dukungan untuk subtitle video. Anda dapat memutar subtitle dalam berbagai bahasa seperti Korea, Cina, Spanyol, Jerman, Turki, Vietnam, dan banyak lainnya.

Java Code Geeks

Selain memberikan tutorial tentang bahasa pemrograman Java, Java Code Geeks juga memberikan contoh kode yang gratis dan dapat diunduh. Fitur Java Code Geeks ini membuatnya berbeda dari tutorial Java online lainnya. Anda dapat mempelajari berbagai varian Java di bawah platform ini seperti Java inti, Java desktop, dan Java perusahaan.

Anda dapat menemukan beberapa dokumen atau ebook yang dapat diunduh seperti Java Rockstar, JPA Mini Book, Panduan Pemecahan Masalah JVM, Tutorial JUnit untuk Pengujian Unit dan banyak lainnya, untuk mempelajari bahasa pemrograman Java. Anda juga dapat mengunduh seluruh proyek Java dari tutorial ini.

Selain Java, ia juga menyediakan informasi berkualitas tentang bahasa lain, termasuk Android, Scala, Kotlin, JRuby, dll.

Panduan Google Webmaster Dengan Menggunakan yolasite
Informasi

Panduan Google Webmaster Dengan Menggunakan yolasite

Panduan Google Webmaster Dengan Menggunakan yolasite – Penyertaan dalam hasil pencarian Google gratis dan mudah; Anda bahkan tidak perlu mengirimkan situs Anda ke Google.

Panduan Google Webmaster Dengan Menggunakan yolasite

freeprogrammingresources – Tetapi dengan layanan/alat Google Webmaster, Anda meningkatkan visibilitas Anda (juga peta situs Anda). Untuk menentukan apakah situs Anda saat ini disertakan dalam indeks Google, lakukan site: telusuri URL situs Anda.

Google Webmaster adalah alat yang membantu Anda dalam mengelola pengindeksan situs oleh Google, dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Ini adalah pelajaran lanjutan bagi mereka yang ingin menggunakan opsi ini.

Yola telah memungkinkan Anda untuk memanfaatkan alat pengoptimalan situs web Google Webmaster. Pelajaran berikut akan memberi Anda petunjuk langkah demi langkah tentang cara memverifikasi situs Anda dan mengirimkan Peta Situs ke Google Webmaster:

Memverifikasi Situs Anda dengan Google Webmaster

Sebelum mencoba memverifikasi situs Anda dengan Google Webmaster, situs Anda harus dipublikasikan, Anda memerlukan URL situs Anda untuk mengirimkannya untuk verifikasi. Jika situs Anda belum dipublikasikan dan Anda memerlukan petunjuk tentang cara mempublikasikannya, silakan lihat tutorial kami: Menerbitkan Situs Anda.

Baca Juga : Hal yang Harus Dipelajari Pengembang Java di 2022

Setelah situs Anda diterbitkan, dan Anda memiliki URL, buka Google Webmaster untuk mengirimkan situs Anda! Anda harus membuat akun Google jika belum memilikinya, jika tidak Masuk.

Setelah Anda memiliki akun dan masuk, Anda akan melihat halaman beranda dengan tombol “Tambah Situs” yang meminta Anda untuk menambahkan situs. Anda harus mengisi URL situs Anda di sini.

Penting: Isi URL situs yang dipublikasikan, bukan URL pratinjau (URL panjang yang Anda lihat saat mempratinjau situs dari Yola Sitebuilder). URL situs pengujian saya adalah yolasite – ketik URL situs ANDA. Setelah selesai, klik “Lanjutkan”.

Jika Anda memiliki domain khusus seperti situs saya.com, pastikan untuk memasukkannya ke dalam bidang termasuk www sehingga muncul seperti www.situssaya dot com.

Layar berikutnya akan memberi Anda opsi untuk memverifikasi situs Anda, silakan pilih “Tambahkan tag meta ke halaman beranda situs Anda”.

Ini adalah bagian yang sulit! Anda perlu menyalin bagian yang benar agar berhasil menambahkan kode ke situs Anda. Sedikit yang Anda butuhkan adalah di antara tanda kutip dan bagian yang disorot pada tangkapan layar di atas.

Sekarang setelah Anda memiliki kode verifikasi, sekarang saatnya untuk menerapkan kode ini ke situs Anda di Sitebuilder. Untuk melakukan ini:

  • Klik panah bawah opsi “Situs” di Bilah Alat
  • Pilih “Properti Situs”
  • Tambahkan kode ke kolom terakhir yang berjudul “Kode Webmaster Google
  • Klik “Oke”
  • Klik tombol hijau “Publikasikan ke web”

Setelah Anda menempelkan kode dan memublikasikan ulang situs Anda, kembali ke layar Google Webmaster dan klik tombol “Verifikasi”

Selamat! Anda telah menyelesaikan bagian pertama dari proses. Jika mau, Anda sekarang dapat melanjutkan ke langkah 2.

Mengirimkan Peta Situs ke Google Webmaster

Saat Anda mempublikasikan situs Anda, Yola membuat Peta Situs atas nama Anda. Anda dapat mengirimkan Peta Situs ini ke Google Webmaster untuk memberi Google lebih banyak informasi tentang situs Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang mengapa Anda harus mengirimkan Peta Situs, klik di sini: Apa itu Peta Situs. Berikut adalah bagaimana Anda dapat menemukan Peta Situs untuk situs Anda yang diterbitkan. Ini adalah nama domain Anda, diikuti dengan: “/sitemap.xml.” Jadi URL Peta Situs saya untuk situs pengujian saya adalah: http: // verifyinggwt dot yolasite.com/sitemap dot xml.

Pada halaman Dasbor (halaman yang sama dengan tempat Anda baru saja memverifikasi domain), klik “Kirim Peta Situs” di kanan bawah halaman, lalu di halaman berikutnya klik “Kirim Peta Situs” lagi. Nama domain Anda akan muncul di kotak dialog, masukkan sitemap.xml setelah ini dan klik “Kirim Peta Situs”.

Selamat! Anda sekarang telah memverifikasi situs Anda dengan alat Google Webmaster dan mengirimkan peta situs. Setelah Google merayapi situs Anda, Anda akan dapat masuk ke akun Google Webmaster Anda untuk mendapatkan data yang akan membantu Anda mengoptimalkan situs Anda untuk mesin telusur.

Hal yang Harus Dipelajari Pengembang Java di 2022
Informasi Program

Hal yang Harus Dipelajari Pengembang Java di 2022

Hal yang Harus Dipelajari Pengembang Java di 2022Halo teman-teman, satu tahun lagi mendekat dan ini saat yang tepat untuk melihat ke belakang dan melihat kembali apa yang telah Anda capai tahun lalu dan apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik.

Hal yang Harus Dipelajari Pengembang Java di 2022

freeprogrammingresources – Ini akan membantu Anda membuat tujuan Anda untuk tahun 2022. Sebagai seorang programmer, tantangan terbesar Anda adalah menjaga diri Anda tetap up-to-date. Teknologi berubah sangat cepat dan Anda akan melihat versi baru bahasa pemrograman dan kerangka kerja favorit Anda hadir setiap tahun.

Untuk pengembang Java, beberapa tahun terakhir telah membawa banyak perubahan dan menimbulkan tantangan dengan tetap up-to-date dengan versi Java baru setiap 6 bulan, Spring 5 , Spring Security 5 , dan Spring Boot 2 , dll.

Ketika saya mulai tahun ini, saya pikir Java 11 masih baru dan sebelum saya bisa menyelesaikan belajar Java 11 sepenuhnya, Java 16 dan Java 17 sudah keluar.

Baca Juga : Masa Depan Pemrograman Java

Jadi, mereka datang sangat cepat tetapi datang dengan banyak fitur menarik seperti Catatan, var dengan variabel lokal , peningkatan API, peningkatan GC, jabat tangan Thread Lokal, dan banyak lagi. Saya telah mendokumentasikannya di sini dan saya sangat bersemangat untuk menggunakannya pada tahun 2022.

Hal yang sama berlaku dengan kerangka kerja Spring dan Keamanan Musim Semi, saya tidak tahu semua perubahan pada Spring 5.0 dan Spring Security 4.0 , proyek saya masih menggunakan Spring Security 3.1, dan boom sekarang kami memiliki versi 6.0 untuk keamanan Spring dan Spring.

Kecepatan belajar saya sedikit melambat dalam beberapa tahun terakhir dan saya belum berhasil menjaga diri saya tetap up-to-date dengan yang terbaru dan terhebat seperti saya belum merasa nyaman dengan Git, kerangka kerja JavaScript seperti Angular dan React , perubahan terbaru pada unit dan ruang pengujian integrasi dan versi baru kerangka kerja populer misalnya Spring, Spring Security, dan Spring Boot.

Saya berhasil mengejar banyak dari tahun-tahun terakhir itu, karenanya, 2022 akan menjadi semua tentang konsolidasi dan menjaga diri saya tetap up-to-date dengan hal-hal yang paling penting di sisi teknologi, meningkatkan rantai peralatan saya, dan menjelajahi lanskap DevOps

DevOps

Ini adalah salah satu area di mana saya melihat banyak daya tarik tahun lalu karena semakin banyak perusahaan yang pindah ke DevOps dan mengadopsi integrasi dan penyebaran berkelanjutan.

DevOps sangat luas dan Anda perlu mempelajari banyak alat dan prinsip dan itulah yang membuat banyak pengembang kewalahan, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Saya telah membagikan DevOps RoadMap yang dapat Anda ikuti untuk mempelajari dan menguasai DevOps dengan kecepatan Anda sendiri.

Ini berarti jika Anda seorang programmer Java berpengalaman dengan hasrat untuk mengelola lingkungan, otomatisasi, dan meningkatkan struktur secara keseluruhan, Anda dapat menjadi Insinyur DevOps.

Jika Anda mencari beberapa sumber daya yang luar biasa maka Jenkins, From Zero to Hero: Menjadi DevOps Jenkins Masteradalah kursus yang bagus untuk memulai, terutama untuk pengembang Java.

Git

Git dan Github telah ada beberapa waktu dan sementara saya telah menggunakan Git di masa lalu dengan Eclipse , tetapi saya belum menjadi master Git di baris perintah.

Mengapa saya belum menguasai Git sejauh ini? Hanya karena saya belum membutuhkannya. Saya kadang-kadang mengunduh proyek dari Github dan menjalankannya dari Eclipse tetapi saya masih belum begitu mahir dengan perintah Git, terutama mengembalikan perubahan dan menangani kesalahan.

Sejak sekarang sebagian besar perusahaan memigrasikan proyek mereka dari SVN, CVS ke Git, inilah saatnya untuk belajar dan menguasai Git. Saya baru saja membeli Git Complete: Panduan langkah demi langkah yang pasti untuk Git dari Udemy pada penjualan $10 terakhir mereka dan ini akan menjadi item pertama yang diselesaikan pada tahun 2022.

Jika Anda berada di kapal yang sama dan ingin belajar atau meningkatkan keterampilan Git Anda pada tahun 2022, periksa kursus itu dari Udemy, ini sangat berguna.

Java 9–17

Seperti yang saya katakan, saya masih belajar Java 8 dan banyak pengembang Java juga. Saya juga akan meluangkan waktu untuk mempelajari fitur-fitur baru Java 9, Java 10 , Java 17 pada tahun 2022 tetapi bagi saya, Java 8 masih menjadi prioritas, sampai saya pindah ke Java 17 yang merupakan rilis LTS lainnya.

JDK 9 membawa banyak manfaat dalam hal modul, Jigsaw, Reactive Streams , API Proses, klien HTTP2, JShell, dan peningkatan API seperti metode pabrik koleksi dan saya sangat menantikan untuk mempelajarinya sesegera mungkin.

Demikian pula, JDK 10 menghadirkan var untuk memberi Anda rasa pengetikan dinamis dan beberapa peningkatan GC.

Dalam obral Udemy $10 terakhir, saya telah membeli sejumlah kursus dan salah satunya adalah The Complete Java MasterClass ,yang diperbarui untuk Java 11 dan saya menantikan untuk memulai perjalanan Java 11 saya dengan itu.

Btw, jika Anda belum memulai dengan JDK 8 maka berikut adalah daftar tutorial dan kursus Java 8 favorit saya yang dapat Anda gratiskan: 10 tutorial terbaik untuk belajar Java 8 .

Jika Anda memerlukan daftar kursus untuk mempelajari fitur baru dari Java 9 hingga Java 13, Anda dapat melihat daftar kursus ini untuk mempelajari fitur baru dari JDK 9 hingga JDK 13 .

Spring 6

Saya telah mendengar tentang beberapa fitur baru seperti model pemrograman reaktif pada Spring 6, adopsi fitur Java terbaru, beberapa peningkatan pengujian unit, dll, tetapi saya belum mencobanya.

Jika Anda menyukai buku, Anda juga dapat melihat daftar Buku Musim Semi lanjutan untuk pengembang Java dari Manning dan pakethub

JUnit

Area lain yang ingin saya tingkatkan di tahun mendatang. Ada banyak kerangka kerja dan alat baru yang tersedia bagi pemrogram Java untuk menguji unit dan menguji integrasi aplikasi mereka misalnya Mockito dan PowerMock untuk objek tiruan, Kerangka Robot, dan Mentimun untuk uji integrasi otomatis, dan tentu saja perpustakaan JUnit 5 yang baru dan bersinar.

Ada banyak hal untuk dipelajari di depan ini. Jika Anda dapat menginvestasikan waktu untuk meningkatkan keterampilan pengujian unit Anda, tidak hanya keterampilan pengkodean Anda yang akan meningkat, tetapi Anda juga akan menjadi pengembang yang lebih profesional, yang terlihat dari setiap perusahaan. Untuk memulainya, Anda dapat melihat Kursus Singkat JUnit dan Mockito dari Udemy.

REST API

Satu hal lagi yang ingin terus saya tingkatkan di tahun 2022 adalah pengetahuan saya tentang menulis REST API dan mengimplementasikan Layanan Web RESTful yang aman dan dapat diskalakan di Java menggunakan Spring.

Ini adalah salah satu keterampilan yang sangat diinginkan di dunia Java dan tidak banyak orang yang mengenal baik Java dan REST dengan baik.
Jika Anda juga senasib dan ingin belajar bagaimana mengembangkan RESTful Web Service menggunakan Spring, The REST of Spring MasterClass dari Eugen Paraschiv adalah titik awal yang baik.

Spring Eco-System 5.0

Ini adalah upgrade besar ketiga pada Spring Eco-System. Versi ke-5 dari kerangka kerja keamanan populer memiliki beberapa perbaikan bug dan modul OAuth 2 utama, yang tidak dapat Anda lewatkan.

Ini adalah Item prioritas lain untuk saya pada tahun 2022 bersama dengan hal-hal kerangka kerja Spring 5.0.

Untungnya Eugen telah memperbarui kursus terlarisnya Belajar dengan Keamanan Musim Semi untuk menyertakan fitur 5.0 dan menambahkan modul terpisah untuk OAuth 2.0., mungkin materi terbaik untuk mempelajari Keamanan Musim Semi 5.0 saat ini.

Masa Depan Pemrograman Java
Informasi Program

Masa Depan Pemrograman Java

Masa Depan Pemrograman JavaDunia telah membahas masa depan Jawa selama beberapa tahun. Gelombang pertama menyangkut kelangsungan hidupnya.

Masa Depan Pemrograman Java

freeprogrammingresources – Banyak programmer percaya dan masih berpikir bahwa Java sedang sekarat karena kompleksitasnya dibandingkan dengan, misalnya, Python atau bahasa lain dengan fitur serupa.

Topik hangat lainnya adalah kekhasan kepemilikan Java oleh Oracle yang membatasi penggunaan gratisnya untuk tujuan komersial. Tapi sebelum menyerah pada rumor dan diskusi, mari kita pertimbangkan mengapa orang masih menggunakan Java? Banyak faktor yang perlu menjadi fokus.

Baca Juga : Seberapa Sulitkah Belajar Pemrograman Java

Apa Java Digunakan Untuk Saat Ini: Area Bisnis Inti

Bahasa ini sudah lama berada di peringkat teratas TIOBE. Tapi mengapa bahasa pemrograman Java begitu populer? Ini cukup matang untuk tetap relevan. Selain itu, bidang teknologi digital bersifat dinamis, dan para insinyur seharusnya telah membuat lusinan analog. Tetapi alasan kesuksesan jangka panjang adalah faktor teknis dan bisnis yang saling terkait erat.

Dari sudut pandang pemrograman, Java adalah bahasa yang sangat nyaman. Ini memiliki logika yang jelas dan hierarki yang keras untuk pembuatan kode. Selain itu, Java memiliki sintaks yang dapat dimengerti, fungsionalitas lintas platform, dan keamanan yang kuat.

Dari sisi bisnis, Oracle memiliki kebijakan pengembangan merek yang komprehensif dan benar. Selain memperkenalkan fitur baru, perusahaan mempromosikan produk, memonetisasinya, dan memberikan kesempatan pendidikan Java.

Pengguna menyukai aktivitas transparan Oracle terkait pengembangan bahasa. Perusahaan membagikan detail pekerjaan di Valhalla (eksplorasi fitur Java Virtual Machine yang canggih), Panama (bekerja dengan API non-Java), Leyden (menghilangkan penyebab keluhan), dan proyek lain yang dibuka untuk tujuan peningkatan Java.

Pendekatan komprehensif ini berkontribusi pada Java yang digunakan oleh 69% pengembang di seluruh dunia. Tapi untuk perkembangan tertentu yang mana?

Karena kekhasannya, Jawa ada di mana-mana. Berdasarkan pangsa produk digital di pasar (11%) dan komunitas Java yang tumbuh secara permanen, para profesional TI secara aktif menggunakan kendala ini.

Selain itu, Java adalah bahasa inti untuk pengembangan Android. Microsoft telah mendeklarasikan Kotlin sebagai bahasa resmi untuk tujuan ini, tetapi mayoritas produk digital yang disukai, dirancang di Java. Alasan yang mungkin untuk perubahan bahasa untuk tujuan ini adalah bahwa pengembang masih menggunakan versi Java yang sedikit ketinggalan zaman (JDK 7-9), sementara itu ketika JDK 15 dirilis pada September 2020. Versi terakhir sepenuhnya mendukung tren terbaru dalam pemrograman Java.

Tren Terbaru di Jawa

Satu lagi keuntungan Java adalah keputusan Oracle untuk memutar ulang pembaruan setiap enam bulan sekali. Memperbarui versi secara terus-menerus dengan interval waktu yang singkat memungkinkan pengguna menjadi fleksibel dan mempercepat implementasi teknologi baru. Ini juga memudahkan para insinyur Oracle yang mengerjakan sepuluh amandemen daripada 1000 amandemen.

Perusahaan juga memiliki pendekatan berorientasi pelanggan untuk pembaruan tersebut. Oracle merilis produk Java baru setiap enam bulan. Produk berisi fitur uji. Pemrogram menggunakannya dan memberikan umpan balik tentang cara kerjanya dan apakah disarankan untuk menerapkannya dalam versi bahasa baru.

Mari kita pertimbangkan fitur Blok Teks (JEP 378). Itu adalah pratinjau di JDK 13 dan JDK 14. Ini diperlukan untuk meningkatkan produktivitas pengguna dengan cara mengubah string yang dapat diprediksi secara otomatis. Sekarang pengembang dapat menikmati versi finalnya di JDK 15 yang baru dirilis. Seperti yang terlihat, fitur pratinjau diuji selama satu tahun sebelum implementasi.

Tahun 2020 adalah tahun yang bersejarah bagi Java, dengan dirilisnya 25th Anniversary dan 15th Anniversary Edition. Mempertimbangkan sifat 14 fitur baru yang diimplementasikan di JDK 15, Oracle mencoba meningkatkan keamanan bahasa dan menyederhanakan serta mempercepat pengkodean. Beberapa fitur ini berkontribusi pada stabilitas JDK. Lainnya membuat sintaks kompak dan mengaktifkan pratinjau data.

Dengan demikian, masa depan Java adalah tentang meminimalkan semua kemungkinan ketidaknyamanan bagi programmer, meningkatkan tingkat keamanan solusi, dan mengembangkan ekosistem bahasa.

Pemrograman Java Pada Tahun 2021: Tempat untuk Prediksi

JDK 16 dan JDK 17 akan dirilis pada bulan Maret dan September 2021. Kebijakan Oracle akan tetap sama:

  • sangat mengutamakan keamanan,
  • memperbaiki kekurangan bahasa,

mengimplementasikan sekelompok fitur inti yang memudahkan pemrogram untuk mendapatkan hasil yang paling efisien.

Saluran pendidikan seperti Majalah Java, Java Academy, dan Universitas juga akan terus berfungsi. Mereka memungkinkan lebih banyak pengembang untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka dan bergabung dengan Komunitas Java.

Either way, pemrograman Java pada tahun 2021 akan tersebar luas seperti sekarang. Selain itu, perusahaan pemilik mempromosikan penggunaan bahasa gratis dan komersial. Artinya Java tidak akan kehilangan popularitasnya baik di kalangan programmer biasa maupun perusahaan besar.

Seberapa Sulitkah Belajar Pemrograman Java
Informasi Program

Seberapa Sulitkah Belajar Pemrograman Java

Seberapa Sulitkah Belajar Pemrograman JavaBanyak pemula yang ragu dalam mempelajari Java. Tampaknya mustahil bagi banyak orang, dan sulit bagi sebagian orang. Tetapi apakah layak untuk mempelajari Java?

Seberapa Sulitkah Belajar Pemrograman Java

freeprogrammingresources – Dan jika itu layak, lalu seberapa sulit? Bagi mereka yang tidak tahu harus mulai dari mana, jangan khawatir, kami telah menyortir Anda. Kami telah membuat studi mendalam tentang belajar Java untuk Anda. Jadi, apa yang Anda tunggu? Mari kita cari tahu di bawah dalam tutorial java kami.

Salah satu perdebatan paling emosional dan panas di industri TI adalah tentang bahasa pemrograman yang tepat. Banyak yang tampaknya tidak setuju mana yang terbaik. Sejujurnya, preferensi individu tunduk pada selera pribadi. Seseorang mungkin senang menggunakan Java untuk pemrograman, sementara orang lain mungkin menganggap Python nyaman.

Baca Juga : Hal Paling Penting yang Harus Diketahui Pemrogram Java

Jika Anda juga terjebak pada jenis bahasa untuk dipelajari, maka Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Ini akan menentukan bahasa pemrograman yang harus Anda gunakan.

Tapi satu hal yang pasti Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer sejak dahulu kala. Jika menurut Anda sulit untuk dipelajari, kami telah membuat tutorial java untuk membantu Anda mempelajari cara membuat kode dengan Java. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempelajarinya:

Mudah untuk dipelajari

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Java sangat mudah dipelajari. Tentu tidak mudah, tetapi jika Anda mau bekerja keras, Anda bisa langsung mempelajarinya. Bahasa pemrograman untuk pemula.

Melalui tutorial java apa pun , Anda akan mempelajari bagaimana berorientasi objek itu. Dan inilah yang membuatnya sangat mudah dibaca dan tepat. Pemula merasa mudah untuk memahami, maka popularitasnya.

Bahasa Pemrograman Lintas-Platform dengan Keterbatasan Sangat Kecil

Java pasti bisa melakukan banyak hal, karena cukup luas. Ini serbaguna dan dapat berjalan di hampir semua sistem operasi. Dan ini telah menjadikannya teknologi yang mengubah permainan sejak awal. Sekarang diterapkan di berbagai sektor dan berbagai perangkat. Ini memiliki batasan yang sangat kecil, mengingat portabilitas dan tingkat keamanannya.

Dukungan Komunitas Yang Dalam

Menurut perkiraan yang dibuat oleh Oracle, hanya ada sekitar 9 juta pengembang Java di seluruh dunia. Ini hanya menunjukkan berapa banyak orang yang dapat Anda andalkan ketika Anda tidak memahami konsep bahasa pemrograman ini.

Jelas terlihat apa peran komunitas dalam pembelajaran dan pendidikan bukan hanya untuk pemrograman saja. Kapan pun Anda buntu mempelajari bahasa pemrograman ini, Anda bisa masuk ke forum komunitas mana pun dan mendapatkan tutorial java cepat.

Komunitas pengembang Java yang siap berbagi pengetahuan mereka kuat dan selalu siap untuk Anda.

Sumber Terbuka

Meskipun Java bersifat komersial, sebagian besar fiturnya masih open source. Anda dapat menggunakannya untuk membangun proyek skala kecil dan untuk pemula. Selain itu, Java memiliki banyak sumber daya dan perpustakaan dukungan.

Permintaan yang tinggi

Ada banyak solusi yang membutuhkan Java untuk dijalankan karena itu permintaannya sangat besar. Sebagai pengembang Java, Anda memiliki banyak peluang yang menunggu Anda. Faktanya, pengembang Java adalah beberapa personel dengan bayaran tertinggi di industri TI.

Dengan tutorial java kami, Anda dapat membuat rencana belajar mandiri yang efektif. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana? Apakah Anda siap untuk memulai? Kemudian di sini kita pergi.

Program Halo Dunia di Jawa

Hal pertama dalam tutorial java adalah masuk ke program hello world. Dalam jenis pengaturan ini, Anda belajar dan mendapatkan minat untuk melanjutkan. Juga, pastikan untuk mencoba dan menulis kode sendiri, bukan menyalinnya.

Pelajari dan Praktekkan Dasar-dasarnya

Ada banyak sekali situs online yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari dasar-dasar Java. Manfaatkan mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Anda.

Mulailah Konsep OOP

Ini termasuk pewarisan, enkapsulasi, dan polimorfisme. Pastikan Anda memilikinya.

Kode Praktik

Setelah belajar melalui tutorial java kami dan sumber online lainnya, hanya ada satu cara untuk menguasai semuanya berlatih.

Sumber Terbaik untuk Belajar Java

Mendapatkan rutinitas dan sumber yang tepat untuk pelajaran Java tidaklah sulit. Anda hanya perlu rasio teori atau praktik yang tepat, katakanlah 80:20. Beberapa sumber yang dapat digunakan antara lain:

Kamp Pelatihan Java

Apakah ada kamp pelatihan Java di sekitar Anda? Mengapa tidak bergabung dengan mereka dan mengalami pelajaran luar biasa yang dapat Anda ambil? Dua kamp pelatihan Java terbaik adalah CodingNomads dan Tech Elevator.

Hal Paling Penting yang Harus Diketahui Pemrogram Java
Informasi Software

Hal Paling Penting yang Harus Diketahui Pemrogram Java

Hal Paling Penting yang Harus Diketahui Pemrogram Java – Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar pemrogram Java membuat sebagian besar perangkat lunak, penting bagi mereka untuk mengetahui tentang perubahan terbaru yang terjadi di lapangan.

Hal Paling Penting yang Harus Diketahui Pemrogram Java

freeprogrammingresources – Ini meningkatkan kemampuan programmer mana pun untuk bekerja lebih efisien dalam hal merancang perangkat lunak. Perusahaan perancang perangkat lunak peringkat atas selalu mempekerjakan programmer terbaik yang dapat bekerja dengan semua pembaruan Java terbaru.

Pada tahun 2021, Anda dapat mempelajari beberapa alat Java baru untuk dipelajari. Dengan mempelajari ini, bekerja di Jawa akan menjadi permainan anak-anak. Ada beberapa aspek keseluruhan juga di mana Anda dapat menempatkan stres sambil membuat diri Anda efisien untuk bekerja sebagai programmer java di tahun berjalan.

Sesuai statistik programmer Java saat ini, ada:9 Miliar pengembang di seluruh dunia menurut laporan Oracle. Namun, Wikipedia mengatakan bahwa ada lebih dari 10 Juta programmer Java di dunia.

Baca Juga : Rekomendasi Untuk Pengembangan Software Ramah Lingkungan

Sekitar 18% pelamar yang hadir dapat bekerja dengan Java. Fakta terpenting lainnya tentang pemrograman Java adalah bahwa hampir 16% lowongan pekerjaan di sektor teknik dan pemrograman selalu mencari programmer baru.

Salah satu fitur unik tentang Java 8 adalah ia menggunakan Ekspresi Lambda. Saat ini, sebagian besar Pengembang Java tidak dapat menulis kode dengan benar menggunakan Java 8. Akibatnya, pengumpulan data massal tidak dapat dilakukan dengan benar. Selain itu, Java 8 digunakan untuk Stream API dan metode default lainnya.

Salah satu manfaat paling signifikan yang dapat Anda nikmati saat mengetahui Java 8 adalah Anda dapat memimpin sebagian besar programmer yang memiliki pengalaman yang layak tetapi tidak nyaman dalam menulis kode di Java 8. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Java 8, Anda dapat mengunjungi melalui blog programmer Java karena mereka dapat sangat bermanfaat.

Pengetahuan yang Luas tentang Alat

Ada alat terbaru khusus yang harus diketahui setiap programmer pada tahun 2021. Beberapa alat ini adalah GIT , Jenkins , dan Dockers . Beberapa alat pengembangan Java lainnya adalah Groovy , Selenium , JIRA , Linux , Gradle , Maven , dan Spock .

Semua ini adalah alat yang dapat membantu Anda menjadi maju secara teknologi saat bekerja dengan Java. Keahlian karyawan dapat berada pada posisi yang berbeda jika dia tahu cara bekerja dengan sebagian besar alat java. Ada berbagai karya dan banyak aplikasi dari semua alat yang disebutkan di atas. Namun Anda tidak boleh mencampuradukkan satu sama lain saat mempelajari alat-alat ini. Ini mungkin menyebabkan masalah yang parah bagi Anda untuk belajar dan memperoleh

Keahlian pada Keterampilan Pengujian Unit

Pada tahun 2021, seorang programmer Java harus memiliki Keterampilan pengujian Unit yang luar biasa. Keterampilan ini hanya dapat ditingkatkan dengan pengetahuan tentang alat-alat yang disebutkan pada poin sebelumnya. Dengan memiliki keterampilan pengujian unit, Anda akan selalu dapat melakukan pengujian integrasi, pengujian otomatisasi, dan pengujian unit.

Dengan melakukan semua pekerjaan yang disebutkan di atas, Anda dapat menyebut diri Anda sebagai pengembang berpengalaman java yang luar biasa. Jika Anda memulai dengan java pada tahun 2021, coba jUnit atau jUnit 5 . Anda harus tahu bahwa baik Junit dan JUnit 5 cukup mudah dipelajari dan kuat.

Membutuhkan Pengetahuan Profesional tentang Perpustakaan dan Java API

Seperti yang kita ketahui bahwa Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, terbukti memiliki banyak perpustakaan. Seorang programmer java yang baik tahun 2021 harus tahu tentang berbagai perpustakaan dan Java API . Ada lebih dari seribu perpustakaan java yang ada sekarang.

Namun, programmer java yang baik harus selalu mengumpulkan pengetahuan tentang perpustakaan yang dihias dengan baik. Beberapa di antaranya adalah Java Standard Library, Guava , Google-Gson , Mockito , dll. Beberapa API yang harus diketahui para programmer adalah Android , MicroEJ .

Peningkatan Pola Desain

Kehadiran pola desain serbaguna adalah mengapa Java begitu populer. Dengan mengetahui pola desain, Anda dapat dengan mudah mendeteksi masalah dan menyelesaikannya sesuai dengan bantuan model tertentu. Selain itu, seorang desainer, Anda perlu mengetahuinya karena membantu Anda menggunakan antarmuka yang sudah ada sebelumnya dan membuatnya dapat digunakan untuk penggunaan di masa mendatang.

Pengetahuan Tentang Kerangka Musim Semi

Pengetahuan yang tepat tentang Spring Framework membantu Anda membuat aplikasi dari objek yang ada sebelumnya. Keuntungan mengetahui Spring Framework adalah, mengamankan eksekusi metode di Java, membuat pendekatan lokal di Java. Sebagai pengembang, Anda juga dapat menangani API Istirahat jika Anda mengetahui Kerangka Kerja Musim Semi.

Rekomendasi Untuk Pengembangan Software Ramah Lingkungan
Informasi Software

Rekomendasi Untuk Pengembangan Software Ramah Lingkungan

Rekomendasi Untuk Pengembangan Software Ramah Lingkungan – Krisis iklim menimpa kita, dan itu semakin memburuk. Tindakan mendesak dan berkelanjutan diperlukan untuk mengatasi kisah yang menentukan tentang zaman kita ini yang memengaruhi setiap orang dari kita dan generasi masa depan kita.

Rekomendasi Untuk Pengembangan Software Ramah Lingkungan

freeprogrammingresources – Namun demikian, tindakan yang kita ambil sekarang untuk mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) dan gas rumah kaca lainnya akan membatasi perubahan iklim dan berdampak positif pada iklim di masa depan, sebagaimana laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB baru-baru ini, Perubahan Iklim 2021: Ilmu Fisika Dasar , penekanan.

Sektor teknologi informasi (TI)—termasuk perangkat keras, perangkat lunak, firmware, dan komunikasi—memiliki potensi besar untuk membantu mengurangi emisi global secara keseluruhan . Faktanya, sebuah laporan oleh Global e-Sustainability Initiative memperkirakan bahwa solusi TI, yang kami sebut ‘penghijauan oleh TI,’ dapat membantu mengurangi CO2 hampir 10 kali lebih banyak daripada yang mereka keluarkan. Namun demikian, sangat penting untuk mengurangi emisi dan jejak karbon TI itu sendiri, yang dikenal sebagai ‘penghijauan TI ‘.

Seperti yang sekarang kita kenal secara luas, hijau berarti efisien dan ramah lingkungan. Dalam laporan Konsorsium Pemotong saya baru-baru ini, Greening IT: Need and Opportunities , yang dapat Anda akses secara gratis , saya membahas secara luas beberapa aspek Green IT.

Baca Juga : Tips Memudahkan Belajar Pemrograman

Green IT, istilah umum

Green IT adalah istilah umum yang mengacu pada perangkat keras, perangkat lunak, sistem, aplikasi, dan praktik TI yang ramah lingkungan. Ini mencakup tiga pendekatan yang saling melengkapi untuk meningkatkan kelestarian lingkungan.

Penghijauan TI. Pendekatan berwawasan ke dalam ini berfokus pada rekayasa ulang produk dan proses TI untuk meningkatkan efisiensi energinya, memaksimalkan penggunaannya, meminimalkan jejak karbonnya, dan memenuhi persyaratan kepatuhan. Penghijauan TI melalui pembuatan perangkat lunak hijau adalah amanat dari Green Software Foundation.

Greening by IT berarti menggunakan IT sebagai enabler untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Pendekatan berwawasan ke luar ini berfokus pada penawaran solusi inovatif untuk sektor-sektor utama seperti manufaktur, energi, bisnis, pertanian, perawatan kesehatan, dan bangunan—rumah, kantor, dan bangunan lain—untuk mengurangi emisi dan konsumsi sumber dayanya, sekaligus memungkinkan pertumbuhan.

Mempromosikan Kesadaran Hijau. Banyak orang belum menyadari dampak serius dari krisis iklim dan tidak mengambil tindakan untuk mengatasinya. TI memiliki kemampuan dan tugas untuk memotivasi mereka, membantu mereka mendapatkan informasi yang lebih baik dan membuat mereka lebih terlibat dalam perang melawan perubahan iklim. Dengan demikian TI dapat membantu mempromosikan inisiatif ‘hijau’ dan perubahan perilaku yang diinginkan.

Selama bertahun-tahun, banyak penekanan dan kemajuan telah dibuat untuk membuat perangkat keras TI menjadi efisien dan ramah lingkungan. Namun, untuk mewujudkan manfaat yang lebih lengkap, kita perlu mengambil inisiatif ramah lingkungan hingga ke perangkat lunak. Oleh karena itu minat yang baru ditemukan dalam membuat perangkat lunak lebih hijau.

Dalam artikel ini, kami menekankan perlunya perangkat lunak penghijauan dan memeriksa bagaimana kami dapat membuat perangkat lunak kami lebih hijau untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari pengembangan dan penggunaan perangkat lunak.

Penghijauan Perangkat Lunak

Perangkat lunak meresap dan secara signifikan telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan dan pekerjaan kita. Banyak aplikasi membutuhkan perangkat lunak yang besar dan kompleks. Signifikansi dan penggunaan perangkat lunak hanya akan tumbuh di masa depan. Apa dampak, jika ada, yang dapat ditimbulkannya terhadap lingkungan kita?

Yang tidak disadari banyak orang adalah, seperti halnya perangkat keras komputer, perangkat lunak dapat berkontribusi pada masalah lingkungan. Meskipun perangkat lunak tidak mengkonsumsi energi dengan sendirinya secara langsung, ia mengarahkan dan mempengaruhi pengoperasian perangkat keras komputer, sehingga berdampak pada konsumsi energi perangkat keras secara tidak langsung dan karenanya emisi karbon.

Perangkat lunak yang tidak efisien secara komputasi dapat berdampak besar pada konsumsi energi. Jadi, seperti halnya perangkat keras komputer, perangkat lunak merupakan bagian dari masalah kelestarian lingkungan.

Karena perangkat keras menjadi lebih kuat dan hemat energi, dampak perangkat lunak pada konsumsi energi secara keseluruhan menjadi signifikan. Beberapa contoh dunia nyata memperkuat tren ini. University of Cambridge memperkirakan bahwa energi yang dibutuhkan untuk memelihara jaringan Bitcoin kira-kira 115 terawatt-hours (TWh) atau sekitar dua kali konsumsi energi seluruh negara Swiss. Sebuah penelitian baru -baru ini mengungkapkan biaya lingkungan yang sangat besar untuk melatih berbagai model jaringan saraf yang baru-baru ini berhasil untuk Natural Language Processing (NLP).

Lebih jauh lagi, pengembangan perangkat lunak dapat menghabiskan banyak energi. Misalnya, para peneliti melatih model AI untuk mengklasifikasikan bunga menggunakan kumpulan data bunga iris kecil yang tersedia untuk umum. Model AI mencapai akurasi 96,17 persen dalam mengklasifikasikan spesies bunga yang berbeda dengan hanya 964 joule energi.

Tetapi untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi, sistem ini mengkonsumsi energi yang jauh lebih tinggi—untuk mendapatkan peningkatan akurasi 1,74 persen, konsumsi energi meningkat sekitar tiga kali secara signifikan menjadi 2.815 joule dan peningkatan akurasi lebih lanjut menuntut urutan peningkatan konsumsi energi. Pendekatan yang sia-sia dengan membuang lebih banyak daya komputasi pada suatu masalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik daripada yang diperlukan telah dijuluki red AI .

Oleh karena itu, penting untuk merancang dan menggunakan perangkat lunak untuk mengoptimalkan konsumsi energinya. Karena penggunaan perangkat lunak telah meledak di semua bidang aktivitas kami, ini menjadi suatu keharusan.

Meskipun dampak perangkat lunak telah menjadi faktor yang diabaikan dalam wacana keberlanjutan hingga saat ini, inilah saatnya untuk memperhatikan perangkat lunak penghijauan. Ini adalah mandat dari Green Software Foundation. Perusahaan dan industri TI harus memasukkan perangkat lunak ramah lingkungan sebagai bagian dari upaya keberlanjutan mereka.

Tips Memudahkan Belajar Pemrograman
Informasi Program Software

Tips Memudahkan Belajar Pemrograman

Tips Memudahkan Belajar Pemrograman – Belajar coding itu menantang. Sangat sulit jika Anda mencoba mempelajari pemrograman sendiri tanpa bimbingan universitas atau bootcamp pengkodean.

Tips Memudahkan Belajar Pemrograman

freeprogrammingresources – Kedua jenis program ini sangat membantu karena mereka menyediakan pendekatan terstruktur, tetapi pemrogram otodidak harus mencari tahu sendiri. Untungnya, siapa pun dapat mempelajari pemrograman secara gratis dan menghindari banyak jebakan dan jebakan jika mereka mengikuti prinsip-prinsip yang diuraikan di bawah ini:

Berkomitmen pada satu bahasa pemrograman

Ketika seseorang memutuskan untuk belajar cara membuat kode, hal pertama yang secara alami akan mereka lakukan adalah mencari tahu bahasa apa yang harus mereka pelajari. Ini adalah kesalahan umum untuk memilih bahasa hanya untuk membuangnya untuk bahasa baru beberapa minggu kemudian. Saya pribadi mengulangi proses ini empat atau lima kali sebelum menetapkan bahasa yang saya komit.

Alasan saya untuk beralih bervariasi dari tidak dapat menemukan tutorial yang bagus, hingga seseorang di internet menyerang bahasa pilihan saya. Lebih dari setahun berlalu sebelum saya benar-benar memutuskan sesuatu dan terjebak dengannya.

Baca Juga : Fakta Tentang Bahasa Pemrograman Yang Hanya Diketahui Pemrogram 

Kenyataannya adalah tidak masalah bahasa apa yang Anda pilih untuk dipelajari dalam pemrograman, selama Anda mempelajarinya dengan cukup baik untuk memahami prinsip-prinsip keseluruhan pengembangan web dan rekayasa perangkat lunak, dan itu dapat membangun apa yang Anda coba buat.

Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan Anda dan mempelajari bagaimana semua bagian cocok bersama dalam satu bahasa, Anda pada dasarnya akan memulai dari awal setiap kali Anda beralih.

Mempelajari sintaks bahasa adalah bagian yang mudah. Bagian yang menantang adalah mempelajari cara merekayasa produk dan memahami struktur keseluruhan program. Ini adalah keterampilan yang terbawa dari bahasa ke bahasa.

Anda juga ingin bergerak cepat dan membuat kemajuan agar tetap termotivasi. Jika Anda terus berganti bahasa, Anda tidak akan pernah membuat produk yang luar biasa atau mencapai tujuan Anda. Saya sangat mendorong Anda untuk bereksperimen dengan teknologi baru, tetapi sebelum Anda melakukannya, Anda harus membangun fondasi yang kuat sehingga Anda dapat menghasilkan uang dan memiliki beberapa proyek penting di bawah ikat pinggang Anda.

Untuk bahasa pemrograman pertama Anda, hanya ada beberapa kualitas penting yang saya rekomendasikan dan itu tidak ada hubungannya dengan apakah mereka “berulir tunggal” atau “diketik secara statis” atau semacamnya. Kualitas yang saya rekomendasikan untuk ditemukan dalam suatu bahasa adalah kedewasaan, kasus penggunaan potensial, dan popularitas saat ini. Ada banyak bahasa yang bagus, tetapi ada dua yang menonjol bagi orang yang mencoba belajar pemrograman.

Java

Java dirilis pada tahun 1995 dan menggemparkan dunia. Itu dan selalu sangat populer. Lihat saja papan pekerjaan apa pun dan Anda akan melihat lebih banyak lowongan pekerjaan di Java daripada bahasa lain apa pun, kedua setelah SQL (bahasa database). Jumlah pekerjaan penting untuk keamanan kerja, tetapi ini bukan metrik terbaik karena metrik ini naik dan turun. Ada pertimbangan penting lainnya yang membuat Java menjadi pilihan yang bagus.

Bahasa ini sangat dewasa. Ini telah digunakan oleh perguruan tinggi selama bertahun-tahun sebagai bahasa standar untuk mengajar, dan memiliki jumlah tutorial dan buku yang hampir tak terbatas untuk membantu Anda belajar.

Dengan sekitar 9 juta pengembang Java, Anda akan memiliki jawaban untuk hampir setiap pertanyaan yang dapat dibayangkan. Java membosankan karena itu bukan “anak baru” di blok, tetapi untuk programmer pertama kali Anda ingin dewasa dan membosankan. Persediaan tutorial, buku, dan dokumentasi gratis yang tak ada habisnya memastikan bahwa Anda dapat mempelajari pemrograman.

Java juga sangat fleksibel, yang membuat bahasa ini menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat membangun aplikasi sisi server, aplikasi perusahaan, aplikasi web yang berfungsi penuh, dan bahkan aplikasi seluler. Ini memberi Anda berbagai macam program untuk dibangun, pekerjaan untuk dimiliki, atau pasar untuk mengambil produk Anda semua dengan satu bahasa ini.

Tidak ada bahasa lain yang akan memberi Anda kebebasan sebesar ini. Orang yang ingin belajar pemrograman sering tidak tahu bahasa apa yang harus dipilih, dan karena Java sangat fleksibel, sulit untuk salah.

PHP

Ya, saya mengatakannya. PHP adalah bahasa yang bagus untuk timer pertama. Jika Anda tidak tahu, PHP dibenci di komunitas pemrograman. Jika Anda mengaku sebagai programmer PHP, Anda mungkin juga mengakui bahwa Anda menderita kusta. Mereka mengatakan itu adalah bahasa yang dirancang dengan buruk yang penuh dengan masalah, tetapi saya masih percaya ada beberapa manfaat luar biasa untuk belajar PHP.

Pertama-tama, PHP sangat populer. Pada tahun 2013 ada lebih dari 240 juta situs web yang menggunakan PHP, dan menurut W3Techs lebih dari 80% situs yang bahasa sisi servernya mereka ketahui menggunakan PHP.

Popularitas ini memastikan Anda akan memiliki persediaan tutorial dan buku gratis yang tak ada habisnya untuk dipelajari. Ini juga merupakan bahasa yang sangat fleksibel dan ramah bagi pemula, sehingga mudah dipelajari. PHP juga memiliki kerangka kerja yang kuat, seperti Laravel, untuk mempercepat pengembangan web Anda. Anda tidak dapat membangun aplikasi seluler dengan PHP, tetapi memiliki hal lain yang sama baiknya–WordPress.

WordPress adalah sistem manajemen konten yang sangat kuat yang ditulis dalam PHP. Ini sempurna untuk pemilik bisnis kecil biasa dan blogger hingga situs besar, seperti majalah Fortune dan Time Inc. WordPress sepenuhnya dapat disesuaikan dengan penggunaan “plugin” yang menambahkan fitur seperti E-niaga, galeri foto, dan lainnya Anda bisa bayangkan.

Diperkirakan lebih dari 20% dari seluruh web menggunakan WordPress untuk menjalankan situs mereka. Karena banyak dari situs ini adalah bisnis kecil dan blogger, ini sempurna untuk berbagai macam pekerjaan mulai dari lepas hingga perusahaan Fortune 500 dan segala sesuatu di antaranya.

Saya tidak ragu mengacak-acak beberapa bulu dengan merekomendasikan Java dan PHP. Ada sekelompok pembenci untuk setiap bahasa. Jika Anda memiliki alasan untuk memilih sesuatu yang lain maka lakukan apa yang menurut Anda terbaik, tetapi PHP atau Java akan mencakup hampir semua kebutuhan pengembang pertama kali, dan mereka memiliki persediaan pekerjaan dan pengembang yang hampir tidak terbatas.

Itu sebabnya saya merekomendasikan salah satunya sebagai bahasa pertama. Apa pun yang Anda lakukan, pilih sesuatu dan patuhi itu. Lihat bahasa lain yang dapat Anda gunakan untuk belajar pemrograman dengan infografis ini.

HTML/CSS

Hampir setiap bahasa web akan menggunakan HTML/CSS, yang merupakan “bahasa markup”. Saya sarankan menghabiskan setidaknya beberapa hari untuk membiasakan diri dengan HTML dan CSS. Temukan beberapa tutorial pemula dan baca dokumentasinya. Banyak dari bagian ini akan dipelajari sambil berjalan, jadi jangan takut untuk melompat ke langkah berikutnya ketika Anda merasa telah memahami ide utama HTML dan CSS.
Dasar-dasar bahasa

Luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Anda. Gunakan kombinasi tutorial dan dokumentasi untuk mempelajari hal-hal seperti boolean, string, array, dll. Anda juga ingin mengenal fungsi dan pemrograman berorientasi objek.

Mempelajari sintaks adalah satu hal, tetapi tantangan sebenarnya adalah menerapkan keterampilan ini ke proyek nyata.

Cara terbaik untuk mempelajari pemrograman adalah dengan membuat proyek sederhana dengan apa yang Anda pelajari. Bangun hal-hal seperti “Fizz Buzz”, tic-tac-toe, blackjack, atau kalkulator pinjaman.

Cari di internet untuk latihan pemrograman dan selesaikan. Beberapa matematika intensif, tetapi Anda harus dapat menemukan semua jenis latihan. Jangan merasa buruk jika Anda membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan latihan yang Anda temukan. Mereka dimaksudkan untuk menantang dan meningkatkan kemampuan berpikir Anda. Coba tambahkan fitur tambahan ke proyek dan buat aplikasi yang lebih kompleks setiap saat. Setelah Anda merasa nyaman, lanjutkan ke tahap berikutnya di mana semuanya menyatu.

Fakta Tentang Bahasa Pemrograman Yang Hanya Diketahui Pemrogram
Program

Fakta Tentang Bahasa Pemrograman Yang Hanya Diketahui Pemrogram

Fakta Tentang Bahasa Pemrograman Yang Hanya Diketahui Pemrogram – Pemrograman adalah bagian integral dari lanskap TI kami dan kami sering mengamati pergeseran popularitas dan pilihan bahasa pemrograman. Sementara Java terus menjadi yang teratas, popularitas Python melonjak.

Fakta Tentang Bahasa Pemrograman Yang Hanya Diketahui Pemrogram

freeprogrammingresources – Informasi ini membantu komunitas pengembang memahami tren saat ini dan bahasa yang disukai oleh industri. Dalam studi terbaru kami, kami mencatat bagaimana Python terus mendominasi pasar: Python terus menjadi alat pilihan di antara analis data dan ilmuwan data dan ini tercermin di pasar perekrutan India juga dengan 17% pekerjaan yang mencantumkan bahasa sebagai inti kemampuan.

Pada artikel ini, kami mencantumkan fakta menarik tentang bahasa pemrograman yang akan membantu komunitas pengembang membuat pilihan yang lebih tepat.

Python Memerintah

Menurut hasil Survei Pengembang Python 2018, 84% pengguna Python menggunakan Python sebagai bahasa utama mereka, di sisi lain, 16% pengguna menggunakan Python sebagai bahasa sekunder mereka.

Baca Juga : Panduan Komprehensif Untuk Pemrograman Java REPL

Penggunaan Python sebagai bahasa utama naik 5 poin persentase dari 79% pada tahun 2017. Satu fakta menarik adalah bahwa setengah dari semua pengguna Python juga menggunakan JavaScript. Juga, 71% responden survei menginstal Python dari python.org atau dengan manajer paket yang disediakan OS seperti APT dan Homebrew.

Keanekaragaman Dalam Bahasa

Ada total lebih dari 690 bahasa pemrograman terkenal termasuk yang saat ini dan yang historis. Jika ada negara yang bahasa yang digunakan adalah bahasa pemograman, maka akan menempati urutan ke-3 setelah Papua Nugini dan Indonesia. Orang sering berpikir, belajar bahasa pemrograman akan lebih sulit sampai mereka mulai belajar. Ini pada dasarnya sesuai dengan istilah “Latihan membuat programmer Sempurna.”

Python Sebagai Hobi

Menurut survei, bahasa Python terutama digunakan untuk pengembangan game sebagai hobi, sedangkan jenis pengembangan lainnya seperti pembelajaran mesin, pengembangan web, analisis data, dan pemrograman jaringan terutama dilakukan sebagai aktivitas utama.

Akhir Kehidupan Untuk Python 2.7

Survei menunjukkan bahwa terdapat 84% pengguna utama interpreter Python 3 dan hanya 16% untuk Python 2. Python 3 mengalami peningkatan pengguna dari 75% pada tahun 2017. Seiring dengan pertumbuhan penggunaan Python 3 yang terus meningkat, penggunaan Python 2 menurun karena tidak lagi dikembangkan secara aktif, juga tidak mendapatkan fitur baru, dan dengan demikian akhir masa pakai telah dipindahkan ke 2020. Namun, deklarasi tersebut tidak menjamin bahwa rilis perbaikan bug akan dilakukan secara teratur, tetapi itu harus memungkinkan sukarelawan yang ingin berkontribusi perbaikan bug untuk Python 2.7 dan itu harus memuaskan vendor yang masih harus mendukung Python 2 untuk tahun-tahun mendatang.

Pemrograman Dan Pengkodean Adalah Dua Istilah Yang Berbeda

Pemrogram bekerja pada istilah komputer pengkodean dan pemrograman secara sinonim dan menggunakan istilah tersebut secara bergantian. Coding berarti hanya menulis kode dari satu bahasa ke bahasa lain, sedangkan pemrograman berarti memprogram mesin dengan serangkaian instruksi. Seorang pembuat kode adalah seseorang yang menerjemahkan logika ke dalam bahasa yang akan dimengerti oleh mesin, di sisi lain, seorang programmer berurusan dengan lebih dari sekadar menulis kode.

Python Dalam Penggunaan Profesional

Survei menunjukkan bahwa analisis data telah menjadi lebih populer daripada pengembangan web, tumbuh dari 50% pada 2017 menjadi 58% pada 2018. Pembelajaran mesin juga tumbuh sebesar 7 poin persentase. Jenis pengembangan ini mengalami pertumbuhan yang lebih cepat daripada pengembangan web, yang hanya meningkat 2 poin persentase jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dalam hal pengguna Python yang menggunakan Python sebagai bahasa kedua mereka, DevOps telah melampaui pengembangan web.

PHP Bukan Bahasa Pemrograman Nyata

Pencipta PHP Rasmus Lerdorf tidak berniat untuk membuat bahasa pemrograman yang sama sekali baru. Dia telah menciptakan bahasa, atau antarmuka pada saat itu hanya untuk tujuan mengelola situs web pribadinya. Sementara PHP diakui hari ini sebagai backronym rekursif untuk “PHP: Hypertext Preprocessor,” pada awalnya merupakan akronim untuk “halaman rumah pribadi,” mengacu pada penggunaannya di situs pribadi Lerdorf. Seiring berkembangnya bahasa, demikian pula artinya.

Bahasa Hibrida

Scala atau Bahasa yang Dapat Diukur adalah hibrida dari Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) dan Pemrograman Fungsional jadi, selain memiliki semua fitur OOP Java, bahasa ini juga menyertakan fitur bahasa pemrograman fungsional seperti Standard ML, Haskell, dll. Scala telah digunakan oleh pengembang Netflix, Pinterest, dll. dan telah menjadi bahasa terkemuka untuk pemrosesan data besar.

Null dan NaN

Dalam bahasa JavaScript, definisi Null adalah ketiadaan total nilai yang berarti dan dihitung sebagai objek dalam bahasa pemrograman. Di sisi lain, NaN atau Not-a-Number sebenarnya dihitung sebagai angka tetapi itu tidak berarti itu sama dengan apa pun dan untuk mengkonfirmasi bahwa sesuatu adalah NaN, maka harus diwakili oleh fungsi isNaN().

TypeScript 3.4

TypeScript, bahasa yang dibangun di atas JavaScript akhir-akhir ini menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa. TypeScript 3.4 telah dirilis segera yang memiliki beberapa fitur dan pembaruan penting. Ini memiliki build berikutnya yang lebih cepat dengan flag tambahan, inferensi tipe urutan lebih tinggi dari fungsi generik, sintaks baru untuk ReadonlyArray, dll.

Panduan Komprehensif Untuk Pemrograman Java REPL
Program

Panduan Komprehensif Untuk Pemrograman Java REPL

Panduan Komprehensif Untuk Pemrograman Java REPL – Menjalankan kode segera tanpa harus memulai seluruh IDE dan membuat proyek dari awal bisa sangat nyaman.

Panduan Komprehensif Untuk Pemrograman Java REPL

freeprogrammingresources – Ini memungkinkan Anda untuk memiliki banyak aplikasi seperti membuat prototipe, mencoba fungsi baru, menguji dan men-debug atau menjalankan modul kecil dari proyek yang lebih besar.

Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan Read Evaluate Print Loop (REPL). REPL bekerja pada antarmuka shell yang membaca setiap baris kode yang dimasukkan satu per satu, mengevaluasinya, dan kemudian mencetak hasilnya secara instan.

Ini mengevaluasi semua deklarasi, pernyataan, dan ekspresi saat dimasukkan dan segera menunjukkan hasilnya. Ini interaktif dan mengeksekusi kode tanpa penundaan.

Banyak bahasa pemrograman sebelumnya tidak memiliki REPL dan Java adalah salah satunya untuk beberapa waktu. Bisa dibilang, Java REPL diperkenalkan sangat terlambat. Dengan dirilisnya Java 9 pada tahun 2016, Java mendapatkan lingkungan REPL yang berfungsi penuh yang disebut JShell.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Keterampilan Coding di Java

Posting ini akan memberikan pengenalan lengkap dan panduan komprehensif untuk JShell, menjelaskan semua perintahnya dan penggunaannya yang paling efektif dalam pemrograman Java.

Apa itu JShell?

Java Shell atau JShell adalah REPL Java resmi. Ini menyediakan shell interaktif untuk prototyping cepat, pengujian dan debugging untuk menjalankan Java API dan untuk belajar pemrograman Java. Semua dapat dilakukan tanpa menggunakan metode public static void main atau mengkompilasi kode sebelum dieksekusi hanya dengan menulis kode pada antarmuka baris perintah dasar. JShell luar biasa dalam memberikan umpan balik menengah. Semua waktu yang digunakan oleh IDE saat debugging atau pengujian disimpan, berkat JShell. Ini menjadi lebih sederhana dan praktis dengan pengenalan kata kunci var di Java 10.
Dimulai dengan dasar-dasar

JShell dapat dengan mudah dimulai hanya dengan mengetikkan “jshell” pada baris perintah. Ini kemudian akan menampilkan pesan selamat datang dan shell akan siap untuk Anda masukkan perintah Anda atau ekspresi Java apa pun.

Versi JShell dapat bervariasi berdasarkan versi Java yang Anda gunakan tetapi pastikan untuk menggunakan versi 10 atau yang terbaru (Java 11 SE) karena kata kunci var yang sering digunakan dalam panduan ini diperkenalkan di Java 10.

Sekarang Anda dapat mulai memasukkan kode. Misalnya, ketik var statement = “JShell is a java repl” Pada prompt shell, tekan enter, dan Anda akan melihat output berikut:

Di sini, Anda harus memperhatikan bahwa Anda tidak perlu mengakhiri semua ekspresi dengan titik koma seperti yang biasa Anda lakukan di Java. JShell di sini juga menggemakan nilai pernyataan variabel dan mengonfirmasi bahwa nilainya sekarang sama dengan “Jshell is a Java repl”.

Jika Anda belum menyelesaikan ekspresi Anda dan secara tidak sengaja menekan enter, JShell akan mengenali bahwa Anda belum selesai dengan ekspresi Anda dan akan mengizinkan Anda untuk melanjutkan ke baris berikutnya. Lihat kode di bawah ini:

Kesalahan di JShell

Ada peluang nyata untuk membuat kesalahan di JShell seperti yang kami buat saat mengkode. Di IDE, Anda dapat dengan mudah menemukan kesalahan yang Anda buat. Demikian pula, jika Anda membuat kesalahan atau memasukkan ekspresi, metode perintah, atau ekspresi yang tidak valid dalam Java REPL, ini memberi Anda umpan balik langsung dengan menampilkan kesalahan dan menggarisbawahi masalah.

Metode dan kelas

Menjadi bahasa pemrograman OOP, kelas merupakan bagian integral dari Java dan begitu juga metode. Untuk membuat kelas atau metode di JShell, Anda hanya perlu menulis kode baris demi baris. Jika semuanya berjalan dengan baik, JShell akan menggemakan bahwa ia telah berhasil membuat metode atau kelas yang siap digunakan.

Java REPL juga memungkinkan metode untuk menggunakan variabel yang belum ditentukan, misalnya, saat Anda mendefinisikan metode baru yang disebut getAge() yang mengembalikan usia. Namun, kami akan mereferensikan variabel tidak terdefinisi yang disebut usia.

Lihat, JShell telah membuat metode getAge() tetapi itu memberi tahu bahwa itu tidak dapat digunakan sampai kita mendeklarasikan atau mendefinisikan variabel usia.

Membuat kelas atau metode di Java REPL seringkali bisa menjadi proses yang sulit. Tidak ada opsi untuk memformat sehingga Anda hanya perlu terus mengetik kode baris demi baris. Ini membuatnya sangat frustasi jika Anda membuat kesalahan, karena Anda tidak akan diberi tahu oleh JShell sampai Anda menyelesaikan kelas.

Variabel awal

Seiring dengan variabel (var) yang dapat dideklarasikan dan didefinisikan secara eksplisit oleh pengguna, JShell juga secara otomatis membuat variabel untuk ekspresi yang belum ditetapkan. Ini disebut variabel awal. Mereka mengikuti pola umum, dimulai dengan tanda dolar, dan angka yang meningkat secara bertahap.

Anda dapat merujuknya seperti variabel lainnya. Sebagai contoh, lihat kode di bawah ini; di sini metode yang disebut getName() dipanggil dan hasilnya digunakan sebagai argumen ke System.out.println,
Perintah JShell

Kami telah membahas beberapa ekspresi JShell yang sangat umum. Ada banyak lagi yang juga ada, tetapi JShell hadir dengan beberapa perintah bawaan yang dapat sangat membantu dalam berbagai skenario.

Beberapa penggunaan Java REPL yang efektif

JShell adalah REPL Java yang luar biasa. Kami baru saja membahas puncak gunung es tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari JShell, Anda harus menemukannya sendiri dan memahami beberapa kegunaannya yang paling efektif. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi pengembang baru untuk mempelajari Java sebagai bahasa sebelum terjun ke bidang tertentu. Anda dapat belajar dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang bahasa Jawa. Anda dapat dengan mudah bekerja dengan API baru di JShell baik di dalam maupun di luar JDK tanpa berurusan dengan IDE atau konfigurasi apa pun. Meskipun demikian, penggunaan terbaik dari REPL Java ini adalah untuk membuat prototipe cepat dari setiap ide atau konsep yang ingin Anda temukan potensinya tanpa menghabiskan banyak waktu atau usaha untuk itu.

Cara Meningkatkan Keterampilan Coding di Java
Informasi

Cara Meningkatkan Keterampilan Coding di Java

Cara Meningkatkan Keterampilan Coding di Java – Java adalah pilihan pertama pengembang untuk menulis kode. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat populer dan sukses untuk membangun aplikasi.

Cara Meningkatkan Keterampilan Coding di Java

freeprogrammingresources – Jumlah pengembang Java meningkat dari hari ke hari. Ini sebagian besar digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dan seluler. Untuk menjadi pengembang Java yang sukses, kita harus meningkatkan keterampilan Coding kita. Mendapatkan pengetahuan dasar tentang bahasa apa pun tidak cukup.

Hapus semua dasar-dasarnya

Pertama-tama kita harus membersihkan dasar-dasar Java kita. Kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang Java untuk membangun keterampilan Java lebih lanjut. Kita harus mengambil bantuan dari sumber-sumber seperti video YouTube, buku, atau bahan studi lainnya untuk itu. Tidak perlu mendapatkan semuanya sekaligus, memahami konsep dan kode secara perlahan, dan kemudian kita dapat meningkatkan kecepatan secara bertahap.

Coding

Coding adalah segalanya di Java atau bahasa pemrograman lainnya. Kami dapat menempatkan kode di bagian atas daftar karena ini adalah bagian yang sangat sulit dan penting dari pemrograman.

Baca Juga : Cara Belajar Pemrograman Dengan Cepat 

Ada beberapa konsep seperti multi-threading dan penanganan pengecualian, yang secara teoritis mudah dipahami, tetapi kami tidak dapat memahami cara kerja mereka yang sebenarnya tanpa menulis kode untuk itu. Hanya ada satu cara untuk mengetahui kesalahan dalam penanganan kesalahan, perancangan dan threading, yaitu Coding. Ini membantu kami mengidentifikasi masalah yang terkait dengan:

  • Merancang
  • Keluaran
  • Threading
  • Alamat
  • Penanganan kesalahan
  • Persyaratan tidak ada
  • Merancang

Membaca buku dan menonton video online

Buku dan video online adalah sumber yang membantu kami meningkatkan keterampilan pengkodean kami. Kami selesai dengan bagian pengkodean, dan kami tahu bahwa kode adalah bagian utama dari pemrograman. Kode kita bisa baik atau buruk, dan untuk mengidentifikasi bahwa buku dan video adalah yang terbaik. Ada beberapa buku yang tersedia yang memandu kita untuk memecahkan masalah dalam kode kita. Seperti buku, video online juga membantu dalam menemukan kesalahan dalam kode kita dan meningkatkan keterampilan pemrograman.

Mempraktikkan masalah terkait Struktur Data, Algoritma, dan Desain

Dalam pemrograman Java, hal yang paling penting adalah Struktur Data, Desain, dan Algoritma. Kita harus berlatih ketiga hal ini secara teratur dan memecahkan masalah yang terkait dengannya. Dalam pemecahan masalah, pengetahuan yang kuat tentang struktur data memainkan peran penting karena struktur data adalah bagian kunci dari program apa pun.

Dengan cara yang sama, pengetahuan tentang prinsip-prinsip pemrograman utama, algoritma pencarian dan pengurutan, dan algoritma terkenal lainnya membantu kami meningkatkan keterampilan pengkodean di Java. Beberapa buku, tutorial, dan video tersedia di pasar yang terkait dengannya, yang membantu kami menjadikan diri kami ahli.

Membaca Kode

Ada hal penting lainnya, yaitu Membaca Kode, yang membantu kami meningkatkan keterampilan pengkodean kami. Membaca kode lebih sulit dibandingkan dengan membaca blog. Kita harus mendapatkan kode dari sesama programmer, kode Java SDK, kode proyek open source atau kode kepemilikan kita, dan dengan membaca kode tersebut, coba temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Bagaimana kode bekerja pada proyek?
  • Apa yang dilakukan kode dalam proyek?
  • Mengapa kode melakukan itu dalam proyek?

Setelah itu, kita perlu menemukan pola dan mengembangkan keterampilan navigasi. Ini sangat membosankan dan sulit, tetapi akan sangat mudah seiring waktu dan memiliki pemahaman kode yang baik. Ini akan mengingatkan kita ketika kita membuat kesalahan dan juga membantu kita untuk memahami kesalahan orang lain.

Memahami unit test

Pengujian merupakan salah satu bagian penting dari pengembangan aplikasi. Pengujian unit memainkan peran penting dalam pengujian aplikasi Java. JUnit adalah salah satu alat penting untuk itu. Seperti pengkodean dan perancangan, pengujian unit sedikit lebih rumit untuk pemula atau programmer rata-rata. Tes unit banyak membantu dalam meningkatkan nama yang lebih baik, abstraksi, antarmuka, desain kelas abstrak, dan kualitas kode keseluruhan. Jadi, menulis tes unit untuk aplikasi Java juga sangat penting untuk meningkatkan keterampilan pengkodean.

Ulasan Kode

Review kode adalah hal lain yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan coding kita. Review Kode adalah praktik pengembangan yang membantu kita menjadi programmer yang baik. Peninjauan kode sering kali membantu bahwa kode yang menurut kami kokoh dan memiliki beberapa bug yang hanya dapat dilihat oleh pemrogram lain, Tinjauan Kode melakukannya untuk kami.

Jika kita mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang melakukan pengujian unit dan memiliki tinjauan kode sebagai disiplin, maka kita sangat beruntung. Dalam hal ini, kita cenderung menjadi programmer yang lebih baik daripada yang lain. Pengujian unit dan tinjauan Kode adalah dua hal yang membantu kami meningkatkan keterampilan pengkodean kami.

Bekerja di proyek

Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan pengkodean kami adalah dengan mulai mengerjakan proyek. Kami juga dapat mulai bekerja sebagai pekerja lepas untuk meningkatkan keterampilan pengkodean. Ketika kami mengerjakan proyek langsung, kami menghadapi beberapa masalah. Untuk menyelesaikannya, kita perlu mencari tahu di mana masalah itu muncul, dan terkadang kita juga perlu mengambil bantuan buku, video online, dan sesama programmer. Dengan cara itu, mengerjakan proyek langsung adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan pengkodean.

sesama programmer

Berbicara dengan sesama programmer dan mendiskusikan kode dengannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan pengkodean. Pikiran kita cenderung lebih terlibat ketika kita berbicara dan mendengarkan orang lain. Kami sering tidak dapat melihat masalah dan masalah dalam kode kami, dan ketika kami mendiskusikannya dengan rekan tim kami, kami menemukan celah, persyaratan yang hilang, bug, dan kekurangan desain.

Pemrograman tidak hanya duduk dan kode. Kita perlu berbicara, mendengarkan, dan bergaul dengan sesama programmer. Berpartisipasi dalam acara juga sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan coding.

Cara Belajar Pemrograman Dengan Cepat
Informasi Program

Cara Belajar Pemrograman Dengan Cepat

Cara Belajar Pemrograman Dengan Cepat – Gelar ilmu komputer tidak lagi menjadi prasyarat untuk membangun karir pemrograman hari ini. Faktanya, sebagian besar programmer sukses saat ini adalah otodidak sementara yang lain berpartisipasi dalam boot camp coding yang mempercepat proses pembelajaran mereka.

Cara Belajar Pemrograman Dengan Cepat

freeprogrammingresources – Pemrograman dan pengkodean berubah dengan cepat bahasa pemrograman baru dan trik pengkodean muncul hampir setiap hari. Trik pemrograman yang Anda pelajari sekarang mungkin akan sedikit berbeda bahkan sebelum Anda mulai mempraktikkan keahlian Anda.

Untuk alasan ini, kecepatan merupakan faktor penting untuk menjadi pengembang yang sukses. Berikut adalah lima tips untuk membantu Anda mempelajari pemrograman lebih cepat dan memulai karir Anda sesegera mungkin.

Tentukan tujuan Anda

Sebelum Anda memulai proses belajar pemrograman, Anda harus memiliki alasan yang jelas mengapa Anda ingin menguasai keahlian ini. Apakah Anda ingin mengembangkan aplikasi di masa depan?

Baca Juga : Tips Menjadi Java Programmer yang Lebih Baik di Tahun 2022

Apakah Anda ingin mempertajam keterampilan Anda saat ini untuk mendapatkan promosi atau mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik? Setelah Anda menentukan tujuan Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih strategi yang baik untuk mempelajari cara membuat kode.

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi atau game setelah Anda yakin dengan keterampilan Anda, maka Anda harus mencari tahu bahasa pemrograman mana yang banyak digunakan di sektor ini. Saat berada di jalan ini, pastikan untuk mengamankan privasi Anda karena sebagai pemula Anda mungkin menjadi sasaran serangan jahat. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu Anda fokuskan untuk mencapai tujuan Anda.

Tambang emas dalam kursus online gratis

Anda tidak perlu menghabiskan semua tabungan Anda untuk belajar pemrograman. Meskipun ada banyak kursus perguruan tinggi online yang dirancang untuk pemrogram baru, ada banyak alat dan tutorial gratis yang ramah pemula juga. Situs seperti Programming Hub dan Udemy menawarkan banyak pelajaran yang mudah dipahami yang dapat membantu Anda mempelajari dasar-dasar pemrograman.

Beberapa kursus lain yang dapat Anda manfaatkan meliputi:

  • Kamp Kode Gratis
  • akademi kode
  • Kursus
  • berbagi keterampilan

Banyak pengembang juga menawarkan kursus gratis yang mereka buat sendiri untuk membantu Anda memulai dengan benar dan terus mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk tetap kuat di lapangan. Scott Tolinski dari LevelUpTuts atau Lydia Hallie (alias The Avocoder) adalah orang-orang hebat untuk memulai.

Mulailah dengan dasar-dasarnya

Bahkan jika Anda sudah memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang pemrograman, jangan jatuh ke dalam perangkap melewatkan langkah-langkah dasar dan menyelam langsung ke konsep lanjutan. Sebagai gantinya, mulailah dengan langkah-langkah dasar sehingga Anda dapat membangun fondasi yang kuat untuk pengetahuan pemrograman Anda. Beberapa langkah tersebut antara lain pemahaman tentang:

  • Lingkungan pemrograman
  • Variabel
  • Operator

Tipe dan struktur data

Anda harus selalu terus meninjau dasar-dasar ini bahkan saat Anda terus belajar. Jika Anda melewati tahap pertama ini, ada kemungkinan besar Anda akan kesulitan atau bahkan terjebak ketika Anda mulai mempelajari konsep yang lebih kompleks.

Cari game coding untuk dimainkan

Memperkenalkan sedikit kesenangan ke dalam proses belajar pemrograman adalah langkah yang cerdas. Jika semua yang Anda lakukan setiap hari adalah melihat buku coding, kemungkinan besar Anda akan bosan. Untungnya, ada banyak situs online seperti Codecademy yang menyediakan permainan menyenangkan yang dirancang untuk programmer.

Dengan memasukkan kesenangan ke dalam proses pembelajaran, Anda dapat menguasai lebih banyak keterampilan pengkodean lebih cepat tanpa merasa bosan. Dengan begitu banyak game coding di luar sana, Anda perlu melakukan riset untuk mengidentifikasi game yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat, game-game ini memiliki level yang berbeda, jadi pastikan untuk memilih game yang sesuai dengan keahlian Anda.

Raspberry Pi telah menjadi komputer mikro yang paling banyak digunakan di antara programmer pemula dan programmer ahli. Mendapatkan komputer mikro yang terjangkau dan kuat ini akan membantu Anda mempelajari pemrograman dengan cepat karena memberikan banyak kesempatan belajar.

Siapa yang butuh Alexa ketika Anda dapat memprogram perangkat TV pintar Anda sendiri atau alat yang mulai menyeduh kopi Anda di pagi hari? Banyak sistem operasi Raspberry Pi menampilkan alat pengembangan luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari dan mempertajam keterampilan pemrograman Anda.

Terus berlatih dan minta bantuan jika perlu

Jika Anda ingin belajar coding lebih cepat dan menjadi programmer yang hebat, maka Anda harus bersedia menginvestasikan waktu berjam-jam dan banyak usaha ke dalamnya. Pastikan Anda memiliki cukup perangkat lunak dan alat pengkodean yang benar sehingga Anda dapat menulis kode bebas kesalahan.

Dapatkan programmer profesional yang aktif di industri untuk memandu Anda dalam memetakan jalan Anda sebagai ‘programmer pilihan’. Seorang ahli coding yang kompeten akan membantu Anda ketika Anda terjebak atau Anda mengalami kesulitan memahami konsep tertentu. Dan jangan takut untuk meminta bantuan. Lebih baik Anda mendapatkan bantuan di awal, kemudian harus memperbaiki kesalahan di masa depan.

Cara lain untuk mendapatkan bantuan dan dukungan adalah dengan bergabung dalam pertemuan lokal di daerah Anda. Cukup ketik ‘tech’ di bilah pencarian Meetup dan pilihlah! Komunitasnya besar dan ramah, dan pasti akan ada grup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Di sini Anda dapat berteman, berjejaring, atau mungkin menemukan mitra pengkodean tandem, dan secara keseluruhan menemukan dorongan yang mungkin Anda butuhkan saat Anda menghadapi tantangan perjalanan ini.

Tips Menjadi Java Programmer yang Lebih Baik di Tahun 2022
Informasi

Tips Menjadi Java Programmer yang Lebih Baik di Tahun 2022

Tips Menjadi Java Programmer yang Lebih Baik di Tahun 2022 – Saya sering menerima email dari pembaca saya tentang bagaimana mereka dapat menjadi pengembang Java yang lebih baik, hal-hal apa yang harus mereka pelajari, dan bidang mana yang dapat mereka kerjakan untuk menjadi pengembang Java Rockstar.

Tips Menjadi Java Programmer yang Lebih Baik di Tahun 2022

freeprogrammingresources – Setelah menjawabnya satu per satu selama beberapa tahun terakhir, saya berpikir untuk menuliskan beberapa poin yang menurut saya akan membuat Anda menjadi programmer Java dan pengembang Aplikasi yang lebih baik.

Namun, sebelum membahasnya, saya ingin menekankan bahwa programmer yang lebih baik selalu merupakan pengembang Java yang lebih baik dan itulah mengapa semua tips yang telah saya bagikan sebelumnya untuk meningkatkan keterampilan pemrograman Anda dan menjadi programmer yang lebih baik masih berlaku.

Jika Anda belum membacanya, Anda dapat membacanya setelah artikel ini, mereka akan membantu Anda meningkatkan keterampilan pemrograman dan pengkodean Anda yang penting untuk menjadi pengembang Java yang lebih baik.

Baca Juga : Contoh Perangkat Lunak Pemrograman Terbaik 2022

Artikel ini benar-benar berfokus pada perspektif pengembangan Java dan saya berasumsi Anda sudah mahir dalam hal-hal penting seperti Pengodean, Struktur Data dan Algoritma, dan konsep ilmu komputer seperti Jaringan, Protokol, Pemrograman berorientasi objek, dll.

Kiat-kiat ini sama-sama berguna untuk pengembang Core Java, maksud saya orang-orang Java yang menulis aplikasi sisi server tetapi tidak terlalu terlibat dengan keterampilan pengembangan web seperti JSP, Servlet, dan JEE, serta untuk pengembang Web Java yang tugas utamanya adalah menulis aplikasi web menggunakan teknologi Java.

Kiat untuk menjadi Pengembang Java yang lebih baik di tahun 2022

Padahal, saya telah meninggalkan beberapa hal web seperti mempelajari JSF atau Servlet 4.0 untuk hari lain agar daftar ini tetap singkat dan sederhana. Bagaimanapun, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa tip dan saran untuk menjadi pengembang dan Insinyur Perangkat Lunak Java yang lebih baik.
Pelajari Internal JVM dan Penyetelan Kinerja Java

Jika Anda serius ingin menjadi Rockstar Java Developer maka Anda harus meluangkan waktu terlebih dahulu untuk mempelajari internal JVM seperti apa saja bagian-bagian yang berbeda dari JVM, cara kerjanya, JIT, opsi JVM, Pengumpulan sampah, dan pengumpul, dll.

Jika Anda mengetahui JVM dengan baik, Anda dapat menulis aplikasi Java yang kuat dan berkinerja tinggi dan itulah yang dilakukan pengembang Rockstar Java.

Sebagai bagian dari ini, Anda juga harus mempelajari cara membuat profil aplikasi Java Anda, cara menemukan kemacetan kinerja seperti objek mana yang mengambil sebagian besar memori Anda, dan memakan CPU.

Untuk pembelajaran terstruktur, saya merekomendasikan The Definitive Guide to Java Performance oleh Scott Oaks yang merupakan buku bagus yang telah saya baca dalam beberapa tahun terakhir.

Bagi mereka yang lebih memilih kursus online daripada buku, Memahami seri Java Virtual Machine di Pluralsight juga merupakan koleksi yang bagus untuk menguasai internal JVM.

Omong-omong, Anda memerlukan keanggotaan Pluralsight untuk bergabung dengan kursus ini, dengan biaya sekitar $29 per bulan atau $299 per tahun (diskon 14%). Jika Anda tidak memiliki rencana ini, saya sangat menyarankan untuk bergabung karena ini meningkatkan pembelajaran Anda dan sebagai seorang programmer, Anda selalu perlu mempelajari hal-hal baru.

Atau, Anda juga dapat menggunakan uji coba gratis 10 hari untuk menonton kursus ini secara GRATIS.

Pelajari Layanan Mikro dan Cloud

Arsitektur terus berubah dan banyak perusahaan beralih dari aplikasi monolitik ke layanan mikro.

Sudah saatnya bagi pengembang Java untuk mempelajari arsitektur Layanan Mikro dan cara membuat Layanan Mikro di Jawa untuk memanfaatkan gelombang terbaru ini.

Untungnya, kerangka kerja Spring menyediakan Spring Cloud dan Spring Boot yang sangat menyederhanakan pengembangan layanan mikro di Jawa.

Jika Anda mencari kursus, maka Master Microservices dengan Spring Boot dan Spring Cloud adalah pilihan yang baik untuk memulai.

Dan, jika Anda lebih suka buku maka saya sarankan Anda memeriksa Cloud Native Java oleh Josh Long, yang menyediakan panduan komprehensif untuk mengembangkan aplikasi Java untuk cloud.

Pelajari Kerangka Musim Semi (Sepatu Musim Semi)

Saat ini hampir penting bagi pengembang Java untuk mempelajari kerangka kerja Spring karena sebagian besar perusahaan lebih suka melakukan pengembangan menggunakan kerangka kerja Spring seperti Spring MVC, Spring Boot, dan Spring Cloud untuk mengembangkan aplikasi web, REST API, dan Layanan Mikro.

Ini juga mempromosikan praktik terbaik seperti injeksi ketergantungan dan membuat aplikasi Anda lebih dapat diuji yang merupakan persyaratan utama untuk perangkat lunak modern.

Jika Anda seorang pengembang Java baru maka saya sarankan Anda memulai dengan tutorial Java dan Spring ini untuk mempelajari dasar-dasar kerangka kerja yang luar biasa ini dan jika Anda sudah terbiasa dengan Spring maka Anda harus menjelajahi Spring Boot dan Spring Cloud untuk mengembangkan aplikasi Java generasi berikutnya. .

Jika Anda mencari beberapa referensi, maka Learn Spring Boot — Rapid Spring Application Development oleh Dan Vega adalah tempat yang baik untuk memulai.

Pelajari Java API dan Library

Jika Anda telah bekerja dengan pengembang Java yang hebat, Anda mungkin telah memperhatikan pengetahuan mereka secara keseluruhan tentang Ekosistem Java dan API merupakan bagian utama darinya.

Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan matang di dunia dan ada banyak perpustakaan dan API yang tersedia untuk melakukan hampir semua hal yang mungkin.

Tentu saja, Anda tidak diharapkan untuk mengetahui semuanya, tetapi Anda harus terbiasa dengan beberapa API utama seperti API pemrosesan JSON seperti Jackson dan Gson, API pemrosesan XML seperti JAXB dan Xerces, Pustaka pengujian unit seperti Mockito dan JUnit, dll.

Jika Anda tidak mengenal mereka, Anda dapat mempelajari atau setidaknya mendapatkan gambaran umum tentang mereka. Untuk memulainya, Anda dapat melihat daftar 20 perpustakaan Java saya yang harus diketahui oleh setiap pengembang Java, yang mencakup perpustakaan dari area utama seperti penguraian, manipulasi bytecode, konkurensi, koleksi, dll.

Belajar Java 8+ (Java 17)

Ini adalah hal terpenting bagi pengembang Java saat ini. Ini bagus 4 tahun dan bahkan Java 13 telah dirilis 6 bulan yang lalu dan orang-orang berbicara tentang fitur Java 10, saya tahu banyak programmer yang belum menulis satu baris kode pun menggunakan fitur Java 8 seperti lambdas dan Stream API.

Sayangnya, kebanyakan dari mereka adalah pengembang Java yang berpengalaman dengan pengalaman 7 hingga 10 tahun di ikat pinggang mereka. Saya mengerti bahwa di beberapa titik dalam karir Anda belajar menjadi lambat tetapi jika Anda tidak bertindak sekarang Anda akan tertinggal.

Hampir semua pekerjaan pengembangan Java sekarang membutuhkan keterampilan Java 8 dan jika Anda tidak memilikinya, akan sangat sulit untuk melakukannya dengan baik dan berkinerja baik dalam wawancara Java Anda.

Sekarang, jika Anda telah memutuskan untuk belajar Java 8 tetapi khawatir harus mulai dari mana, saya sarankan Anda memeriksa The Complete Java MasterClass di Udemy, yang akan mengajarkan Anda semua dasar-dasar fitur Java 8.

Dan, jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, kursus langsung maka Refactoring Java 8 oleh Dr. Heinz Kabutz adalah pilihan yang baik untuk diikuti.

Contoh Perangkat Lunak Pemrograman Terbaik 2022
Informasi Software Uncategorized

Contoh Perangkat Lunak Pemrograman Terbaik 2022

Contoh Perangkat Lunak Pemrograman Terbaik 2022 – Perangkat Lunak Pemrograman membantu pengembang atau pemrogram membuat, men-debug, dan memelihara aplikasi dan program.

Contoh Perangkat Lunak Pemrograman Terbaik 2022

freeprogrammingresources – Ada berbagai macam perangkat lunak pemrograman, termasuk assembler, compiler, debugger, interpreter, dan banyak lagi. Lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) adalah kumpulan dari perangkat lunak ini.

Perangkat lunak pemrograman hanya digunakan oleh programmer yang menulis kode. Program ini untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug perangkat lunak dan aplikasi lain. Mereka membantu merampingkan proses bisnis dan operasi lainnya, membuat hidup lebih mudah bagi semua orang.

Ada banyak perangkat lunak pemrograman di pasar. Muncul dalam berbagai kategori tergantung pada tujuan penggunaan, metode penyebaran, dan sistem operasi.

Baca Juga : Mengapa Java Begitu Populer Bagi Para Pengembang dan Pemrogram? 

IntelliJ IDEA

IntelliJ IDEA ditulis dalam Java dan mengintegrasikan banyak tweak dan fitur untuk membuat pemrograman menjadi mudah. Ini sangat ideal untuk pengembang yang telah bekerja dengan alat JetBrains.

Perangkat lunak pemrograman menawarkan dukungan untuk kerangka layanan mikro, penyelesaian kode cerdas untuk berbagai bahasa, dan alat pengembang bawaan seperti terminal dan kontrol versi. Ini bekerja dengan baik dengan Windows, MacOS, dan Linux.

IntelliJ IDEA memiliki tema gelap yang luar biasa dengan banyak opsi konfigurasi. Ini adalah perangkat lunak serbaguna untuk aplikasi JavaScript frontend, Java backend dan banyak lagi. Itu juga terhubung secara mulus dengan alat pihak ketiga seperti Git.

IntelliJ IDEA memiliki Paket Ultimate Enterprise seharga $49,90/bulan, Paket Enterprise Semua Produk seharga $64,90, Paket Ultimate Individual seharga $14,90, dan Paket Semua Produk Individual seharga $24,90/bulan.

Xcode

Xcode memiliki seluruh rangkaian alat pengembangan perangkat lunak dengan pembuat antarmuka dan dokumentasi pengembang bawaan Apple. Ini membantu mengembangkan perangkat lunak untuk tvOS, WatchOS, MacOS, iPad, dan iOS.

Bersama dengan bahasa multi-paradigma yang dikenal sebagai Swift, perangkat lunak pemrograman Xcode menawarkan pengalaman pemrograman langsung yang menyenangkan. Prosesnya mudah karena Anda hanya perlu menarik dan melepas elemen agar desain Anda selesai.

Pembuat antarmukanya menunjukkan rendering langsung kode Anda sambil mencerminkan perubahan apa pun yang Anda buat dalam kode. Anda tidak memerlukan plugin di alat ini; hanya dengan memperbarui IDE saja sudah cukup untuk menikmati pengalaman yang mulus.

Saat menggunakan Xcode, itu akan mengingatkan Anda jika Anda membuat kesalahan pengkodean. Ini memiliki editor versi yang menampilkan timeline komit yang sedang berjalan. Bot sisi server akan terus membangun, menganalisis, menguji, dan mengarsipkan proyek Anda.

Sublime Text

Sublime Text adalah editor teks untuk kode, prosa, dan markup. Ini memiliki minimap yang menunjukkan tampilan hierarki pintasan keyboard dan file untuk sebagian besar tindakan.

Perangkat lunak pemrograman ringan ini ditulis dengan Python dan C/C++ dan dapat melakukan semua pekerjaan berat tanpa kesulitan. Palet perintahnya memungkinkan Anda memanfaatkan editor sepenuhnya. Anda dapat menyesuaikan setiap aspek dari Sublime Text dan menulis kode dengan kecepatan dan efisiensi yang tinggi. Juga mudah untuk menautkan kode ke halaman kode lainnya.

Sublime Text memiliki berbagai preferensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan makro dan pintasan untuk meningkatkan efisiensi, menggunakan sorotan teks untuk debugging, dan mengakses saran sintaks yang akurat.

Ini bekerja dengan Windows, Linux, dan macOS dan menawarkan paket gratis dan paket berbayar seharga $80 per lisensi.

Visual Studio

Visual Studio adalah perangkat lunak pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi seluler, situs web, dan layanan web. Perusahaan kecil hingga menengah menggunakannya untuk merancang program komputer.

Muncul dengan fitur penyelesaian kode yang sadar konteks, IntelliSense, debugger terintegrasi yang berfungsi sebagai debugger tingkat sumber dan tingkat mesin, dan pemfaktoran ulang kode.

Visual Studio memiliki lebih dari 20.000 ekstensi, komunitas pengguna yang kuat, dan integrasi dengan Azure DevOps. Alat ini menawarkan pengembangan web full-stack untuk Windows dan macOS.

Mengapa Java Begitu Populer Bagi Para Pengembang dan Pemrogram?
Informasi Program

Mengapa Java Begitu Populer Bagi Para Pengembang dan Pemrogram?

Mengapa Java Begitu Populer Bagi Para Pengembang dan Pemrogram? – Bahkan ketika semakin banyak bahasa pemrograman berkembang, Java tampaknya semakin tersebar luas dari tahun ke tahun. Jadi, mengapa masih populer setelah 22 tahun?

Mengapa Java Begitu Populer Bagi Para Pengembang dan Pemrogram?

freeprogrammingresources – Setelah merayakan hari jadinya yang ke-22 pada tahun 2017, Java telah mengalami perkembangan yang konsisten dalam efisiensi pemrogramannya selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di seluruh dunia dan dirancang untuk terus berjalan di setiap tahap secara konsisten.

Mengapa Java begitu populer?

Salah satu alasan terbesar mengapa Java begitu populer adalah independensi platform. Program dapat berjalan di beberapa jenis komputer yang berbeda; selama komputer memiliki Java Runtime Environment (JRE) terinstal, program Java dapat berjalan di dalamnya.

Sebagian besar jenis komputer akan kompatibel dengan JRE termasuk PC yang berjalan di Windows, komputer Macintosh, komputer Unix atau Linux, dan komputer mainframe besar, serta ponsel.

Baca Juga : Software Pemrograman Terbaik Untuk Menulis Kode

Karena sudah ada begitu lama, beberapa organisasi terbesar di dunia dibangun menggunakan bahasa tersebut. Banyak bank, pengecer, perusahaan asuransi, utilitas, dan pabrikan semuanya menggunakan Java.

Steve Zara, seorang programmer selama lebih dari 40 tahun, menjelaskan bagaimana tidak ada tanda-tanda Java menurun penggunaannya. Sebaliknya, ini adalah bahasa yang berkembang yang hampir secara unik menggabungkan stabilitas dengan inovasi.

Menyoroti umur panjang bahasa, Zara menyatakan bahwa kode yang mungkin Anda tulis 15 tahun yang lalu akan berjalan pada JVM terbaru dan mendapatkan keuntungan kecepatan dari pembuatan profil terbaru, penerjemahan kode asli, dan manajemen memori.

memeriksa daya tarik lama Java

Java pada dasarnya berorientasi objek. Kode ini sangat kuat karena objek Java tidak berisi referensi ke data di luar dirinya sendiri.

Bahasanya dianggap sangat sederhana; namun, ia hadir dengan perpustakaan kelas yang menawarkan fungsi utilitas yang umum digunakan yang sebagian besar program Java tidak dapat bekerja tanpanya.

Java API, perpustakaan kelas, adalah bagian dari Java seperti halnya bahasa itu sendiri. Pada kenyataannya, tantangan sejati mempelajari cara menggunakan Java bukanlah mempelajari bahasanya, tetapi mempelajari API.

Bahasa ini terdiri dari 50 kata kunci, tetapi Java API memiliki ribuan kelas dengan puluhan ribu metode yang dapat Anda gunakan dalam program Anda.

Meskipun demikian, pengembang tidak diharapkan untuk mempelajari semua Java API, dan sebagian besar dari mereka hanya berpengalaman dan fasih dengan sebagian kecil saja.

Apakah Java layak dipelajari?

Java masih merupakan bahasa pemrograman yang relevan yang tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan popularitas dan, oleh karena itu, layak untuk dipelajari. Sebagian besar pengembang mengambilnya sebagai bahasa pemrograman pertama mereka karena cukup mudah dipelajari.

Karena bahasa tersebut memiliki sintaksis seperti bahasa Inggris dengan karakter khusus minimum, Java dapat dipelajari dalam rentang waktu yang singkat dan digunakan untuk membangun aplikasi yang sesuai.

Java adalah bagian dari rumpun bahasa yang sangat dipengaruhi oleh C++ (dan juga C#), oleh karena itu mempelajari Java menawarkan banyak manfaat saat mempelajari dua bahasa lainnya.

Swarnim Srivastava, seorang Java Enthusiast, setuju bahwa bahasa itu layak dipelajari. Dia menjelaskan area kritis di mana ia digunakan:

Membangun aplikasi Android

Meskipun ada cara lain untuk membuat aplikasi Android, sebagian besar aplikasi ditulis dalam Java menggunakan API Android Google. Meskipun Android menggunakan JVM dan metode pengemasan yang berbeda, kodenya masih didominasi Java.

Aplikasi web Java

Banyak departemen pemerintah, kesehatan, asuransi, pendidikan, dan pertahanan memiliki aplikasi web yang dibangun di Jawa. Contoh signifikan dari hal ini adalah Gmail Google.

Alat perangkat lunak

Banyak perangkat lunak dan alat pengembangan yang berguna ditulis dan dikembangkan di Java, mis. Eclipse, IntelliJ IDEA dan NetBeans IDE.

Aplikasi ilmiah

Saat ini, Java sering menjadi pilihan default untuk aplikasi ilmiah, termasuk pemrosesan bahasa alami. Alasan utamanya adalah karena aman, portabel, dapat dipelihara, dan dilengkapi dengan alat konkurensi tingkat tinggi yang lebih baik daripada C++ atau bahasa lainnya.

Tergantung pada prospek karir Anda, Java dapat membawa Anda ke jalur karir yang berbeda. Baik Anda tertarik untuk membuat game, aplikasi seluler, aplikasi desktop, atau aplikasi web, Java mampu bekerja di lingkungan ini.

Terlepas dari apakah Anda menggunakan Java dalam karir atau peran pekerjaan Anda atau tidak, Anda akan mempelajari sintaks, ide, pola, alat, gaya, dan keistimewaan yang juga dapat ditransfer ke bahasa pemrograman lain.

Belajar Java akan memberi Anda kesempatan untuk melihat bagaimana satu bahasa melakukan sesuatu dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, mengetahui apa yang berfungsi untuk Java dan bahasa lain akan membuat Anda menjadi pengembang yang lebih baik.

Mengapa memprogram di Jawa?

Java mudah ditulis dan dijalankan inilah kekuatan dasar Java dan mengapa banyak pengembang memprogram di dalamnya. Ketika Anda menulis Java sekali, Anda dapat menjalankannya hampir di mana saja dan kapan saja.

Setelah pengembang terbiasa menginstal JDK, menyiapkan PATH dan memahami cara kerja CLASSPATH, mereka akan dapat membuat kode dengan mudah.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Java, dan Anda dapat menemukan perpustakaan yang melakukan hampir semua hal. Dengan Java, ada sistem GUI (Graphical User Interface) yang lebih baik daripada pustaka AWT (Abstract Window Toolkit) dan Swing default.

Juga, Anda dapat terhubung ke database menggunakan JDBC (Java Database Connectivity).

Untuk alasan ini, komunitas pengembang terbukti menjadi kekuatan bahasa dan platformnya. Bahasa pemrograman tidak akan bertahan jika tidak ada komunitas yang mendukung, membantu, dan berbagi pengetahuan mereka.

Dengan puluhan juta pengembang yang menggunakan dan mengerjakan bahasa pemrograman Java, komunitas ini terus berkembang dan menginspirasi.
Pentingnya Jawa

Dengan bahasa yang sepopuler itu, ada banyak sumber daya untuk dipelajari. Untungnya, banyak sumber daya ini tersedia secara online, dan ini dapat bertindak sebagai pendamping Anda dalam proses pembelajaran. Ada sumber belajar gratis dan berbayar yang tersedia, tergantung pada tingkat keahlian Anda.

Teknologi berkembang dengan kecepatan yang luar biasa, artinya ada banyak peluang kerja yang akan datang dan pengembang yang memiliki pengetahuan yang kuat tentang Java sangat dibutuhkan.

Dengan basis yang sudah ada, bahasa pemrograman Java terus menciptakan banyak pekerjaan di industri teknologi.

OpenJDK adalah implementasi bahasa pemrograman Java yang gratis dan open source. Karena ini adalah bahasa pemrograman open source, platform ini independen di seluruh lingkungan OS.

Java adalah bahasa pemrograman universal yang serba bisa. Karena soliditas dan skalabilitasnya, Java dapat ditemukan di ponsel, desktop, dan server serta aplikasi industri skala besar.

Baru-baru ini, Java telah mendapatkan kredibilitas di bidang Internet of Things (IoT) dan pengembangan cloud.

Secara global, ada sekitar 10 juta pengembang Java, dan komunitas ini terus berkembang setiap hari. Serupa dengan teknologi open source lainnya, Java mendorong nilai-nilai memberi kembali kepada publik.

Forum online, seperti StackOverflow, terdiri dari pakar pengembang Java yang siap membantu pemula.

Java lebih umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda daripada yang mungkin Anda pikirkan. Ini digunakan di situs web populer yang mungkin sering Anda gunakan seperti Google, YouTube, LinkedIn, Amazon, dan eBay. Selain itu, Java memiliki peta jalan pengembangan yang kuat dengan kemajuan berkelanjutan dalam keamanan dan kinerja.

Meskipun Java tidak memenuhi semua kebutuhan, Java masih merupakan bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan dan bermanfaat bagi banyak orang dan bisnis.

Software Pemrograman Terbaik Untuk Menulis Kode
Program Software

Software Pemrograman Terbaik Untuk Menulis Kode

Software Pemrograman Terbaik Untuk Menulis Kode – Alat pengembangan datang dalam lusinan bentuk, termasuk kompiler, tautan, perakit, debugger, perancang GUI, dan alat analisis kinerja. Alat yang tepat dapat meningkatkan produktivitas Anda secara signifikan dan membantu Anda mempertahankan alur kerja proyek dengan mudah.

Software Pemrograman Terbaik Untuk Menulis Kode

freeprogrammingresources – Salah satu perangkat lunak pemrograman paling dasar adalah editor kode sumber, yang digunakan di mana-mana dan terus-menerus. Ini pada dasarnya adalah program editor teks yang dirancang untuk menulis dan mengedit kode pemrograman.

Melansir rankred, Editor kode dapat berupa aplikasi mandiri atau dibangun ke dalam browser web atau lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE). Karena ada ratusan Editor Kode yang tersedia di pasar, sulit bagi pengembang untuk memilih satu.

Untuk mempermudah pekerjaan ini, kami telah mengumpulkan beberapa perangkat lunak pemrograman terbaik yang dapat mempercepat proses pengkodean Anda sambil menawarkan banyak fitur berguna.

Baca juga : Sistem Pemrograman Konsep OOP di Java

1. Eclipse

Eclipse adalah IDE yang mendukung sistem plug-in yang dapat diperluas untuk menyesuaikan lingkungan. Meskipun terutama digunakan untuk mengembangkan aplikasi Java, Anda juga dapat menggunakannya untuk menulis aplikasi dalam bahasa pemrograman lain (melalui plug-in).

Ini memeriksa kesalahan waktu kompilasi saat menulis kode. Dan karena ini memberikan saran dan memiliki komunitas online yang bagus untuk membantu pengguna, Anda dapat meningkatkan kecepatan pengkodean Anda dengan alat ini.

Eclipse mengelola banyak file dan proyek secara efisien dan mendukung berbagai format file dengan format sintaksis khusus tipe. Ini menyediakan konektor untuk beberapa database dan mendukung metode akses DB umum. Selain itu, integrasi proyek ke dalam GIT hampir mulus.

2. Geany

Geany adalah editor teks sumber terbuka dan ringan, yang dirancang khusus untuk memiliki waktu muat yang singkat dengan ketergantungan terbatas pada pustaka eksternal atau paket terpisah.

Ini mendukung banyak bahasa pemrograman dan markup, termasuk C, C#, C++, PHP, HTML, CSS JavaScript, Python, Perl, Haskell, dan Pascal. Jenis file umum lainnya seperti Diff-output, file SQL, dan file konfigurasi gaya ini juga didukung.

Tidak seperti editor kode lainnya, Anda tidak perlu mencari melalui banyak gaya sintaks hanya untuk dapat mengubah font yang digunakan. Dan karena fitur Real Syntax Parsing (bukan hanya pewarnaan), ia dapat menampilkan kelas dalam dan metode dalam kode sumber.

3. gedit

gedit adalah editor teks tujuan umum yang ringan namun kuat dari lingkungan desktop GNOME. Sesuai filosofi proyek GNOME, ia memiliki GUI yang bersih dan sederhana untuk mengedit kode sumber dan teks terstruktur seperti bahasa markup.

Selain penyorotan sintaks untuk berbagai bahasa pemrograman, itu juga dilengkapi dengan fitur pemeriksaan ejaan dan semua opsi dasar lainnya seperti baris Goto, temukan dan ganti.

Alat ini dapat berjalan cepat pada PC kelas bawah: alat ini menggunakan sedikit memori dan sumber daya CPU saat membaca log yang sangat besar.

4. Brackets

Brackets adalah editor kode sumber terbuka yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Ini terutama berfokus pada fungsionalitas pengeditan HTML, CSS, dan JavaScript.

Pratinjau Langsung mendorong pengeditan kode Anda secara instan ke browser untuk menampilkan halaman web yang diperbarui saat Anda memodifikasi kode. Fitur berguna lainnya yang disebut Split-Screen memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengerjakan CSS dan kode aktual secara bersamaan.

Brackets memiliki pustaka ekstensi yang layak seperti prefixer yang menganalisis kode Anda dan pemilih CSS prefix otomatis. Ini masih relatif kecil di arena editor teks, tetapi karena banyak opsi penyesuaian dan ekstensibilitas melalui plugin, mengimplementasikan kode terasa mudah.

5. NetBeans

NetBeans adalah IDE sumber terbuka yang memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi seluler, desktop, dan web dengan cepat dengan Java, C/C++, PHP, dan banyak lagi. Aplikasi dikembangkan dari sekelompok komponen perangkat lunak modular yang disebut ‘modul’.

Alat ini tidak memerlukan lisensi apa pun dan cukup mudah untuk dikerjakan. Anda dapat membuat indentasi kode dengan mudah: cukup tentukan aturan untuk indentasi kode dalam setiap bahasa, dan itu akan mengikutinya. Anda juga dapat membandingkan kode di berbagai file untuk mengetahui perbedaan antara kode pengembang yang berbeda.

NetBeans terintegrasi dengan mulus dengan beberapa server aplikasi web seperti GlassFish dan Tomcat. Ini juga berfungsi dengan baik dengan alat kontrol versi seperti GIT.

6. Vim

Vim adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dirancang untuk digunakan baik dari antarmuka baris perintah dan sebagai alat mandiri dalam GUI. Ini fitur sintaks otomatis dan konversi ke HTML, daftar kesalahan, set compiler, dan koreksi otomatis.

Untuk visualisasi yang lebih baik, Anda dapat mengubah ukuran jendela atau membaginya secara horizontal/vertikal. Ini memiliki banyak perintah untuk melakukan hal-hal khas dengan keyboard, bukan mouse. Ini meningkatkan kecepatan Anda setidaknya dua kali lipat.

Meskipun terlihat seperti editor teks biasa, ini adalah alat produktivitas yang hebat dengan banyak plugin yang berguna. Dalam survei pengembang Stack Overflow (2019), Vim adalah lingkungan pengembangan paling populer kelima .

7. TextMate

TextMate adalah editor teks GUI ringan yang dirancang khusus untuk macOS. Ini fitur makro yang dapat direkam, kustomisasi deklaratif, bagian lipat, integrasi shell, dan perpustakaan plugin yang luas.

Ini memungkinkan Anda untuk menukar sepotong kode dan mengubah potongan kode yang biasa digunakan menjadi potongan dengan mudah. Tugas berulang dapat dihilangkan dengan makro: merekam makro awal untuk segera diputar ulang atau menyimpannya untuk penggunaan berulang.

1 2 3 5
Share